5 Cara Mencegah Kebosanan pada Burung Peliharaan

Burung adalah hewan yang sangat cerdas dan sensitif secara emosional. Karena itu, bagaimanapun, burung peliharaan – terutama jenis yang sangat cerdas, seperti burung beo – bisa bosan jika mereka tidak terlibat secara teratur.

Sementara menjaga makhluk cerdas seperti itu terus-menerus sibuk tampaknya seperti tugas yang hampir mustahil, terutama ketika Anda berada di luar rumah, ada cara untuk memastikan burung peliharaan Anda tidak menderita kebosanan.

1. Pegang Burung Anda Secara Teratur

Mengambil beberapa menit dari setiap hari untuk memegang dan menangani burung Anda dapat memberikan stimulasi mental positif yang sangat besar kepada teman berbulu Anda.

Menangani burung Anda sering juga membantu mengembangkan dan mempertahankan ikatan yang Anda miliki dengan hewan peliharaan Anda. Tanyakan kepada pemilik burung mana pun — burung beo paling bahagia adalah mereka yang menghabiskan sebagian besar waktu bersama orang-orang mereka.

Tidak hanya sebagian besar burung peliharaan jinak menikmati kontak fisik dari pemiliknya, menangani burung Anda setiap hari akan membantu Anda menjadi lebih akrab dengan tubuh burung Anda. Ini memberi Anda keunggulan dalam menemukan kelainan fisik yang bisa menandakan penyakit atau cedera.

2. Putar Mainan Burung

Sama seperti anak kecil, burung bosan bermain dengan mainan tua yang sama setelah beberapa saat. Mainan burung bisa mahal, sehingga beberapa pemilik memilih untuk menyimpan simpanan beberapa jenis mainan dan memutar yang berbeda masuk dan keluar dari kandang burung mereka setiap beberapa minggu.

Dengan cara ini, burung Anda akan bisa bermain dengan mainan “baru” sesekali, yang akan membantunya tetap sibuk secara mental. Buatlah sekelompok mainan burung buatan sendiri untuk menawarkan lebih banyak variasi kepada teman berbulu Anda.

3. Ajarkan Trik untuk Burung Anda

Waktu yang akan Anda habiskan untuk bekerja dengan burung Anda saat mengajari hewan itu beberapa trik, ditambah suguhan lezat yang akan dia dapatkan sebagai hadiah untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik, memberikan banyak stimulasi untuk hewan peliharaan Anda. Pada saat yang sama, ia memberikan waktu sosialisasi dan memperkuat ikatan pemilik burung.

Saat burung Anda berkembang, Anda selalu dapat menambahkan trik baru untuk membantu menjaga proses tetap segar. Bonus tambahan: Anda akan bersenang-senang memamerkan betapa lucu dan pintarnya hewan peliharaan Anda!

4. Memutar Musik atau Video

Burung secara alami tertarik pada suara dan suara yang berbeda, jadi meninggalkan radio atau televisi membantu membuat mereka bahagia dan nyaman saat mereka menghabiskan waktu di kandang mereka.

Anda bahkan dapat mencatat jenis musik yang paling banyak ditanggapi burung Anda atau memeriksa beberapa lagu populer tentang burung untuk membuat daftar putar khusus untuk teman berbulu Anda.

5. Menyediakan Banyak Pilihan Makanan

Di alam liar, burung beo makan di berbagai buah, sayuran, biji-bijian, beri, dan kacang-kacangan yang berbeda. Maka, tidak mengherankan bahwa mereka cenderung bosan di penangkaran makan pelet tua dan campuran biji yang sama hari demi hari.

Seiring dengan menjaga burung Anda bahagia dan sibuk, menambahkan lebih banyak variasi untuk diet burung Anda dalam bentuk buah-buahan dan sayuran segar dapat memberikan tubuh burung Anda dorongan vitamin dan nutrisi yang sehat.

Untuk pilihan yang lebih menyenangkan dan diperluas, masak beberapa suguhan burung buatan sendiri di dapur Anda sendiri.

Leave a Reply