Dewasa ini, mengisi waktu luang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Menurut beberapa psikolog, bagusnya untuk mengisi waktu luang itu memilih 3 hal. Yang pertama adalah yang membuat kita bahagia. Yang kedua adalah yang membuat kita kreatif. Dan yang ketiga adalah yang membuat uang kita bertambah. 

Contoh kegiatan yang membuat kita jadi bahagia adalah menjalani hobi kita sendiri. Seperti menggambar, bernyanyi, menulis dan masih banyak lagi. Perihal hobi bernyanyi, sebaiknya kita jangan sampai salah tempat. 

Berbicara mengenai tempat bernyanyi, kalau mau serius mending masuk ke kursus vokal saja. Kalau punya uang lebih, bisa bnget mengundang guru vokal secara privat. Tapi lain cerita kalau hanya sekedar hobi. Kita bisa pergi karaoke saja. Terus apa itu karaoke? Dan apa manfaatnya? 

Pengertian Karaoke 

Karaoke merupakan frasa dari Bahasa Jepang. Karaoke adalah sebuah bentuk hiburan di mana seseorang bernyanyi, diiringi dengan musik, dan teks lirik secara keseluruhan pada layar televisi. 

Sementara itu tempat karaoke sendiri merujuk pada gedung sebagai tempat karaoke. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali tempat karaoke. Biasanya masing-masing tempat karaoke memiliki ciri khas tersendiri. Ada beberapa tempat karaoke terkenal yang  ada di seluruh Indonesia. Misalnya Inul Vista  milik penyanyi dangdut terkenal, Inul Darasista.  Saking terkenalnya, kota kecil seperti Purwokerto juga ada. 

Manfaat Karaoke 

Meskipun kesannya seperti menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Sebenarnya, karaoke juga memiliki manfaat. Anggapan masyarakat umum mengenai karaoke juga mengarah pada hal-hal yang tidak baik. 

Padahal tidak semua tempat karaoke seperti itu. Dibalik stigma masyarakat, Karaoke memberikan manfaat tersendiri. Berikut adalah manfaat dari karaoke : 

1. Menyehatkan Paru-Paru 

Seiring berkembangnya waktu, dunia kesehatan semakin berkembang. Penelitian, demi penelitian terus dilakukan untuk menguak fakta mengenai dampak suatu kegiatan manusia. Salah satunya adalah karaoke. 

Menurut  Professor Graham Welch dari London University, berkaraoke bisa menyehatkan paru-paru. Hal ini dikarenakan kalau berkaraoke akan meningkatkan pasokan oksigen ke pembuluh darah, yang mana menjadi zat sirkulasi dalam paru-paru. 

2. Memperkuat Pita Suara

Pita suara sama halnya seperti otot pada tubuh kita. Semakin sering dilatih maka otot terbentuk dan memperkuat tubuh. Pita suara bila sering digunakan juga sama, pita suara akan semakin kuat. Manfaatnya adalah suara yang dikeluarkan akan lebih jelas dan lantang. 

3. Mengurangi Stress

Melihat dari sebuah fakta. Semakin besar suatu kota maka semakin tinggi pula tingkat stressnya. Tak heran bila tempat karaoke di kota besar jumlahnya semakin banyak. Hal ini dikarenakan tempat karaoke bisa melepaskan stress. 

Stress berasal dari tekanan dan emosi yang terpendam. Emosi akan terluapkan melalui lagu-lagu karaoke yang dinyanyikan.

4. Menjadi Tempat Berteman dan Sosialisasi 

Karaoke paling asik bila dilakukan bersama-sama. Dengan melakukan bersama kawan, tingkat kebersamaan akan semakin erat. Selain meningkatkan rasa kebersamaan. Karaoke juga bermanfaat untuk melatih kemampuan bersosialisasi.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Bagi yang memiliki bakat menyanyi, unjuk dirilah saat berkaraoke. Bagi yang tidak berbakat juga tidak masalah. Karena saat berkaraoke bukan ajang bagus-bagusan. Melainkan ajang untuk unjuk diri. Ternyata kalau sering berkaraoke juga meningkatkan kepercayaan diri

6. Melatih Pernapasan

Karaokean sudah pasti membutuhkan nafas. Dan ternyata karaokean juga secara tidak sadar sedang melatih pernafasan. Pernafasannya juga pasti tidak sengaja. Misalkan menggunakan teknik pernapasan dada atau teknik pernapasan perut. Tentunya akan membuat sistem pernapasan terlatih dan lebih baik/

Alternatif tempat karaoke

Setelah mengetahui mengenai apa itu karaoke dan manfaat karaoke. Mari kita bicarakan mengenai tempat yang cocok untuk berkaraoke. Bagi kamu yang malas keluar rumah dan menghemat pengeluaran. Kami punya solusi yang pas buat kamu!

Ternyata karaoke bisa dilakukan dirumah loh! Di era modern seperti ini semua serba mudah. Karaoke bisa dilakukan dirumah menggunakan smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi karaoke  yang bisa kamu unduh di Playstore atau App Store. Pilih saja yang sesuai denganmu. 

Nah itu tadi informasi mengenai Karaoke. Sudah ada rencana nih buat karaokean bareng temen?

Avatar
Author

Write A Comment