Pernahkah terbesit di benak Anda untuk memiliki rumah minimalis?

Apabila Anda ingin memilikinya sebagai hunian atau investasi di masa depan, maka Anda dapat mewujudkannya mulai dari sekarang. Meskipun biaya membangun rumah minimalis yang harus dikeluarkan relatif besar, namun membangun rumah mandiri lebih relatif murah dibanding beli rumah jadi.

Sebagai langkah awal mari kita mengenali konsep desain rumah minimalis dan menghitung berapa biaya yang sebenarnya dibutuhkan untuk membangun rumah minimalis.

Rumah Minimalis?

Rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki konsep pengaturan perabotan seminimal mungking dan menerapkan desain modern.

Tipe rumah minimalis yang cukup banyak di Indonesia, yakni tipe 20, tipe 36, tipe 45, dan tipe 70. Sebagaimana yang disampaikan tim dekadeko.com, bahwa rumah tipe 36 dan 45 yang lebih favorit dan cocok untuk keluarga kecil Anda.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memiliki rumah minimalis adalah menentukan konsep rumah. Selanjutnya, Anda tentukan anggaran sesuai dengan budget.

Anda dapat membeli rumah minimalis siap huni atau membangun sendiri. Biaya yang harus Anda keluarkan bervariasi tergantung material, bahan bangunan dan aksesoris yang dipakai.

Biaya Membangun Rumah Minimalis secara Umum

Bila Anda memutuskan untuk membeli saja, rentang harga dari rumah minimalis ada di angka Rp 300-Rp 800 juta untuk tipe 36 dan tipe 45.

Harga ini bergantung pada kota, lokasi, dan fasilitas sekitar yang didapatkan. Misalnya, di daerah Jakarta harga rumah tipe 36 dan tipe 45 ada di angka Rp 300-500 jutaan.

Namun, bila telah memiliki tanah tentu biaya ini dapat ditekan.

Perhitungan Biaya Membangun Rumah Minimalis

Biaya Jasa Tukang

biaya jasa tukang

Langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum membangun rumah adalah mencari jasa tukang. Hal ini penting untuk dilakukan karena tukang yang akan mengerjakan pembangunan rumah Anda.

Jumlah tukang juga akan berpengaruh terhadap biaya yang harus Anda keluarkan. Ada 2 sistem kerja tukang yang banyak dipraktiikkan, yakni bayaran per hari atau bayaran per borongan. Biasanya sekitar Rp 100-Rp 150 ribu per hari.

Untuk bayaran per hari, tukang dibayar berdasarkan jumlah hari kerja mereka. Semakin lama tukang bekerja maka semakin tinggi pula bayaran yang harus Anda keluarkan. Adapun harga borongan penuh sekitar Rp 3-5 juta per meter persegi.

Sementara itu, pada sistem borongan, tukang akan dibayar berdasarkan estimasi harga di awal.

Pada umumnya, Anda membutuhkan tukang yang terampil beserta asisten yang membantu tukang. Apabila jumlah tukang yang bekerja banyak maka rumah yang Anda bangun akan cepat selesai sehingga Anda akan menghemat biaya yang dikeluarkan.

Pada umumnya pekerjaan tukang akan diawasi oleh mandor.

Apabila Anda menyewa 9 tukang dan satu asisten maka biaya yang harus Anda keluarkan per harinya sekitar Rp. 1.011.650,00. Biaya tersebut belum termasuk biaya mandor Rp 158.000,00 sehingga total biaya per hari sekitar Rp. 1.169.650,00.

Anda dianjurkan untuk menggunakan jasa tukang harian dibandingkan borongan karena meskipun harganya lebih mahal namun kualitas hasil pekerjaannya lebih bagus.

Daftar Harga Tukang secara Umum

Jenis Tukang Harga per Hari
Tukang Gali Rp 80.000an
Asisten Tukang Rp 90.000an
Tukang Kayu/Tukang Batu/Tukang Cat Rp 115.000an
Tukang Besi/Tukang Listrik Rp 120.000an
Tukang Besi Profil Rp 125.000an

 

Menentukan Luas Bangunan

menghitung biaya membangun rumah

Luas bangunan dapat berpengaruh terhadap biaya pembangunan rumah Anda. Contohnya adalah Anda akan membangun rumah dengan tipe 36/75.

Tipe 36/75 artinya luas bangunan sebesar 36 m2 dengan luas tanah 75 m2.

Apabila harga tanah Rp. 3.090.000,00 maka harga tanah keseluruhan adalah Rp. 3.090.000 x 75 m2 = Rp 231.750.000,00.

Pada umumnya sistem biaya bangunan dihitung per m2. Jika harga per m2 adalah Rp. 2.000.000,00 maka biaya yang harus Anda keluarkan adalah 36 x Rp. 2.000.000,00 = Rp. 72.000.000,00. Dengan demikian total biaya untuk membangun rumah tipe 36 adalah Rp. 303.750.000,00.

Untuk harga tanah, tidak ada angka yang pasti karena harganya cenderung naik di tiap tahunnya dan juga bergantung dimana lokasinya berada.

Semakin sulit mendapatkan tanah yang strategis, biasanya harga tanah tersebut akan semakin mahal pula.

Untuk menghemat budget membangun maka solusinya adalah dengan membangun rumah berlantai 2. Hal ini dikarenakan Anda dapat menghemat hingga puluhan juta.

Ongkos Bahan Bangunan

Saat ini, biaya bahan bangunan untuk rumah berlantai satu dan berlantai dua berbeda. Biaya bahan untuk rumah minimalis berlantai satu diperkirakan Rp. 3.250.000,00 per meternya.

Sedangkan, biaya total bahan bangunan untuk rumah minimalis berlantai 2 adalah Rp. 3.800.000,00 per meternya.

Apabila Anda ingin menghemat biaya, maka belilah bahan bangunan sesuai anggaran yang telah dibuat. Lalu, pilihlah model rumah sesuai kebutuhan.

Ongkos Lain Lain

Anda juga harus menganggarkan biaya tambahan untuk cadangan. Contohnya adalah Anda membutuhkan biaya tambahan untuk menghias rumah seperti membuat taman, mengisi properti di ruang tamu atau dapur dan lain-lain.

Anda dapat menyisihkan sekitar 10% dari total biaya pembangunan rumah minimalis untuk biaya darurat.

Ceklis Biaya Bangun Rumah Minimalis

No Ceklis
1 Persiapan lahan (pembersihan lahan, pemasangan blok kayu, dsb)
2 Pembuatan pondasi
3 Pekerjaan struktur beton bangunan
4 Pekerjaan pemasangan bata dinding.
5 Pekerjaan railing atap.
6 Pekerjaan Plafon
7 Pekerjaan keramik lantai atau dinding
8 Pekerjaan pemasangan kusen pintu dan jendela
9 Pekerjaan pengecatan bangunan
10 Pekerjaan instalasi listrik
11 Biaya penyambungan listrik PLN
12 Pekerjaan sanitasi air bersih dan kotor
13 Pekerjaan septitank dan sumur resapan
14 Pengurusan surat IMB
15 Biaya pemasangan jaringan telepon/internet
16 Pembuatan pagar rumah (opsional)
17 Pembuatan taman rumah (opsional)

Anda dianjurkan untuk membangun rumah minimalis sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan biaya membangun rumah minimalis di atas dapat mencapai Rp 450.000.000,00.

Biaya tersebut sudah termasuk harga tanah beserta biaya untuk pembangunan rumah. Agar pembangunan berjalan lancar, perlu dibuat rincian biaya sesuai kemampuan finansial Anda.

Semoga pembahasan mengenai estimasi biaya membangun rumah minimalis beserta ceklisnya bermanfaat.

Author

Write A Comment