Secara umum, budidaya adalah usaha yang dilakukan secara terencana dengan tujuan untuk memelihara sumber daya hayati pada suatu areal lahan untuk diambil manfaat atau hasil panennya.

Pendapat lain mengatakan bahwa budidaya adalah suatu usaha yang dilakukan secara terencana dengan tujuan untuk memelihara dan mengembangbiakkan tanaman atau hewan. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) budidaya adalah usaha yang bermanfaat dan memberikan hasil.

Beberapa jenis sumber daya hayati yang sering dibudidayakan adalah produk tanaman, seperti tanaman pangan, tanaman hias, aneka sayuran dan buah, sedangkan produk hewan yang sering dibudidayakan adalah ternak potong seperti sapi, unggas, perikanan, dan juga serangga.

Kegiatan ini bertujuan agar menghasilkan suatu produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari serta menghasilkan keuntungan bagi pelaku budidayanya. Beberapa profesi yang cukup identik dengan kegiatan budidaya dalam hal ini adalah petani dan peternak.

Adapun beberapa manfaat atau kegunaan yang bisa didapatkan dari kegiatan budidaya adalah sebagai berikut:

• Untuk memperoleh keuntungan baik sebagai bahan pangan untuk konsumsi atau keuntungan dari segi ekonomis.
• Bertujuan untuk memperoleh hasil yang maksimal dan hasil produksi yang berkualitas.
• Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru melalui kegiatan budidaya.
• Sebagai sarana untuk mengolah sumber daya alam agar tetap lestari dan dilakukan secara lebih optimal.
• Membantu dalam menjaga ekosistem alami, yang bertujuan agar lingkungan tetap terjaga dan asri.

Kegiatan budidaya ini mencakup beberapa jenis, berikut ini adalah macam-macam budidaya yang umum dijalankan oleh masyarakat Indonesia;

1. Budidayan Tanaman Pangan

Kegiatan budidaya ini bertujuan untuk menghasilkan produk pangan utama, terlebih sebagai sumber karbohidrat. Tanaman pangan dibudidayakan sebab memang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak sehingga mampu mendatangkan keuntungan bagi pelaku budidaya.

Beberapa tanaman pangan yang dibudidayakan antara lain, padi, jagung, singkong, ubi jalar, gandum, dan lainnya.

2. Buddaya Tanaman Sayur

Tanaman sayur dibudidayakan sebagai salah satu bahan makanan yang mempunyai kandungan mineral dan vitamin serta kaya akan nutrisi bagi tubuh.

Selain itu sayuran juga menjadi salah satu bahan makanan wajib dalam menu makanan empat sehat lima sempurna. Beberapa sayuran yang dibudidayakan di antaranya yaitu, bayam, kangkung, wortel, seledri, kol, selada, kubis, dan lainnya.

3. Budidaya Tanaman Buah

Selain sayuran, buah-buahan juga banyak mengandung mineral dan vitamin serta berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah-buahan segar juga sering dimanfaatkan untuk diolah menjadi berbagai macam produk seperti sari buah, jus, dan lain sebagainya. Jenis buah yang sering dibudidayakan antara lain yaitu, jambu, anggur, naga, jeruk, melon, semangka, apel, dan lainnya.

4. Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias, dalam hal ini biasanya bunga dibudidayakan sebagai salah satu penghias atau penambah estetika dari suatu ruangan ataupun lokasi. Selain itu tanaman hias juga dibutuhkan untuk menambah kesan asri suatu tempat, tanaman hias pun cukup populer dan banyak yang menjadi penggemarnya.

Bunga-bunga dari tanaman hias juga bisa dijadikan menjadi berbagai produk lanjutan, seperti karangan bunga. Jenis tanaman hias misalnya, mawar, melati, anggrek, kamboja, dan lainnya.

5. Budidaya Hewan Ternak

Hewan ternak dibudidayakan untuk diambil daging-nya atau yang biasa dikenal dengan istilah hewan potong. Ada pula hewan ternak yang dibudidayakan untuk diambil susu-nya atau disebut hewan perah.

Hewan ternak dapat berupa mamalia, dalam hal ini adalah hewan ruminansia seperti sapi, kerbau, kuda, kambing, dan lainnya. Serta bisa juga binatang jenis unggas, seperti ayam, itik, bebek, burung puyuh, dan lainnya.

Hewan ternak jenis unggas biasanya juga dibudidayakan untuk juga diambil telurnya, terutama ayam. Produk-produk hasil budidaya hewan ternak, seperti daging, susu, dan telur sangat berguna dalam mencukupi kebutuhan protein dan lemak bagi manusia. Selain itu hasil ini juga bisa diolah menjadi produk lanjutan seperti keju, dan sebagainya.

6. Budidaya Perikanan

Ikan atau hewan air yang dibudidayakan bisa berupa jenis ikan air tawar, ikan air laut, maupun ikan air payau. Budidaya ini bisa dilakukan di kolam, danau, sawah, waduk, tambak dan lainnya.

Kegiatan ini mencakup proses pengembangbiakan, pembesaran, dan bahkan memanen hasilnya. Ikan juga sangat diperlukan dalam mencukupi kebutuhan protein dan nutrisi lainnya bagi tubuh manusia. Ikan yang biasa dibudidayakan antara lain seperti ikan lele, ikan mujahir, ikan mas, ikan nila, ikan bandeng, udang, dan lainnya.

7. Budidaya Serangga

Beberapa jenis serangga juga dibudidayakan, contohnya seperti lebah yang diambil madunya, ulat sutra untuk diambil benang dari kepompongnya sebagai bahan dari kain sutera, serta berbagai serangga lain yang dijadikan pakan seperti cacing dan semut, atau untuk dikonsumsi pada msyarakat tertentu seperti jangkrik dan belalang.

Author

Write A Comment