Lion Air memberikan kemudahan kepada para penumpang dengan layanan check-in online. Ada dua cara yang bisa kamu pilih yaitu melalui website resmi dan aplikasi mobile Lion Air.

Layanan ini hanya digunakan untuk penerbangan domestik. Batas maksimal check-in adalah 4 jam sebelum keberangkatan. Begini cara check-in online Lion Air lewat website dan mobile:

  1. Masuk ke website resmi Lion Air dengan URL lionair.co.id/id/layanan-pemesanan/web-check-in;
  2. Setelah berhasil, pilih ikon masakapai Lion Air lalu klik ‘Web Check-in’;
  3. Tampilan web akan berubah ke halaman Check-in dan kamu diminta untuk memasukkan data pada kolom “Kode Pemesanan Tiket” dan “Nama Belakang”;
  4. Telitilah dalam menuliskan kode untuk menghindari kesalahan dan agar proses pencarian data lebih cepat. Kalau sudah yakin benar, lanjut ke pilihan “Cari”;
  5. Kemudian, layar akan menampilkan hasil pencarian sesuai kode dan nama yang kamu input. Periksa lagi detailnya sebelum ke tahap boarding pass;
  6. Terakhir, kamu bisa mengirim boarding pass ke alamat email. Nantinya, boarding pass harus ditunjukan ke petugas bandara sebelum keberangkatan tanpa perlu dicetak.

Jika merasa repot harus akses websitenya lewat PC atau laptop, maka kamu bisa mencoba lewat handphone. Dengan begitu, akan lebih cepat dan fleksibel.

Terutama bagi kamu yang suka serba mepet atau lupa check-in di jam-jam awal. Prosedur check-in melalui aplikasi yaitu:

  1. Buka mobile web Lion Air dengan menggunakan URL mobile.lionair.co.id;
  2. Setelah itu, klik menu ‘Check-in’;
  3. Akan muncul halaman baru yang berupa konfirmasi data. Kamu harus mengisi kolom “Nama Belakang”.
  4. Lalu, mengisi salah satu dari kolom “Kode Pemesanan” (PNR) atau “Detail Penerbangan Anda” (FLIGHT);
  1. Kalau memilih “Kode Pemesanan” maka masukkan nomor kode yang kamu dapatkan saat memesan tiket Lion Air.
  2. Sedangkan untuk kolom “Detail Penerbangan Anda”, kamu harus mengisinya dengan kota keberangkatan pada pilihan “Departure City”.
  3. Kolom nomor penerbangan diisi dengan yang nomor yang tertera pada “Flight Number” Lion Air;
  1. Setelah sudah lengkap terisi, akan terpampang mengenai informasi penerbangan dan data penumpang. Letaknya ada di bagian bawah. Pastikan tidak ada kesalahan pada data tersebut;
  2. Lanjut ke pilihan boarding pass. Lion Air memberikan dua opsi yaitu mengirim file boarding pass ke email atau langsung diunduh untuk kemudian dicetak.
  3. Proses check-in sudah selesai.

Berkat fasilitas check-in online, persiapan jadi lebih praktis memang. Setelah kamu berhasil melakukan check-in online, masih ada informasi lain yang harus kamu ketahui, antara lain:

  1. Pastikan dokumen perjalanan seperti kartu identitas, VISA, paspor dan surat-surat penting sudah terbawa di tas;
  2. Jika kamu belum punya VISA, segera kunjungi situs Visaloka dan rasakan mudahnya membuat VISA;
  3. Check-online tidak mewajibkan untuk mencetak boarding pass. Saat tiba di bandara, kamu hanya perlu menunjukkan boarding pass yang ada di handphone (e-boarding pass) dan kartu identitas;
  4. Daftarkan bagasi dan pastikan pihak Lion sudah mengonfirmasi. Jangan sampai melebihi kapasitas kalau tidak mau dikenai biaya tambahan;
  5. Walaupun tidak perlu antri untuk check-in manual, kamu tetap harus datang setidaknya 1 jam sebelum jadwal take off.

Silakan dipilih mana cara check-in online Lion Air yang lebih gampang diakses. Jika menggunakan mobile check-in, maka unduh dulu aplikasinya yang tersedia gratis di Play Store dan App Store.

Jika terpaksanya tidak bisa check-in online, alternatifnya adalah melakukan check-in manual di counter Lion Air. Batas waktunya paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan domestik.

Author

Write A Comment