Kamu para pengguna Windows baik Windows 7 maupun Windows 10 mungkin memiliki pengalaman pernah gagal menjalankan program atau game baru. Sudah menghabiskan wanktu lama dan banyak kuota bergiga-giga, eh pas dibuka muncul error NET Framework. Sangat menyebalkan, bukan?

Lalu, apa yang menjadi masalah? Akan muncul error tertentu sehingga kamu tidak bisa menjalankan program baru tersebut dan itu artinya komputer kamu membutuhkan NET Framework versi terbaru. Maka kamu perlu menginstallnya. Tidak tahu caranya? Untuk itulah artikel ini kami tulis.

Tapi, sebelum menuju langsung ke cara install NET Framework, mari kita bahas lebih dulu apa itu NET Framework dan mengapa ada banyak aplikasi atau game membutuhkannya.

Secara singkatnya, NET Framework atau dotnet adalah Sebuah basis program yang memuat banyak perintah untuk mengeksekusi fungsi-fungsi tertentu pada software, aplikasi, atau game. Tidak heran jika komputer atau laptop Windows tanpa NETFramework tidak bisa menjalankan apps tertentu. Hal ini karena peranan pentingnya tadi. Untuk itulah menginstall NET Framework menjadi satu hal yang penting bagi pengguna Windows.

Bahkan selain bisa menyelesaikan masalah error aplikasi yang membutuhkan NET Framework, menginstall NET Framework itu sendiri bisa juga menjadi solusi untuk masalah atau error lain lho, salah satunya bisa menjadi cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0-dll is missing. Jadi, mengetahui cara install NET Framework tentu membawa banyak manfaat, bukan?

Nah sudah sedikit paham kan tentang apa itu NET Framework? Sekarang mari kita pelajari cara installnya.

Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstall NET Framework terbaru di Windows:

1. Buka Laman Download NET Framework yang Resmi dari Microsoft

Laman Download NET Framework

Langkah yang pertama adalah dengan membuka laman download NET Framework yang sudah disediakan secara resmi oleh Microsoft itu sendiri. Silakan klik link di bawah ini:

https://dotnet.microsoft.com/download/dotnet-framework

Lalu klik pada NET Framework versi terbaru dan yang direkomendasikan oleh Microsoft, yaitu versi 4.8 saat artikel ini ditulis.

2. Pilih Tipe Installer

Pilih Tipe Runtime

Selanjutnya setelah mengklik pada versi NET Framework terbaru, maka kamu akan diberikan opsi untuk memilih jenis installer dan tipe NET Framework. Terdapat dua tipe installer, yaitu Runtime dan Developer Pack. Kali ini, kita pilih versi Runtime.

Kemudian Gulir ke bawah sampai ke bagian Advanced downloads dan kamu akan menemukan dua pilihan installer, yaitu offline atau web/online installer. Pada tutorial ini kita pilih yang versi web installer.

Perbedaannya adalah versi online memiliki ukuran yang lebih ringan, hanya beberapa MB saja, namun ketika proses instalasi berlangsung, komputer kita harus terhubung dengan koneksi internet untuk mendownload file lanjutannya.

Sementara offline installer memiliki size yang jauh lebih besar, yaitu sekitar 100 MB, tapi bisa diinstall tanpa harus konek ke internet. Silakan tentukan pilihan kamu apakah offline atau web/online installer dan klik pada tulisan Runtime.

3. Mulai Proses Download

Download Microsoft NET Framework

Setelah kamu klik link Runtime tadi, maka proses download akan dimulai secara otomatis. Tunggu sampai proses ini selesai dan file installer NET Framework dengan ekstensi .exe kamu terima.

4. Mulai Proses Instalasi NET Framework

Bukalah file installer NET Framework yang sudah selesai kamu download tadi, file tersebut bernama kurang lebih ndp48-web.exe.

Setelah kamu buka file tersebut dengan klik dua kali, maka proses ekstraksi file akan dimulai. Tunggu saja sampai selesai dan membuka jendela Microsoft .NET Framework.

Centanglah opsi I have read and accept the license terms dan klik tombol Install. Nah di sini kamu tinggal duduk manis menunggu sampai proses instalasinya selesai.

Perbedaan antara web dan offline installer di sini adalah, pada versi web installer maka keterangan pada jendela instalasinya bertuliskan “download”. Sementara pada versi offline installer, tulisannya menjadi “verification”.

5. Selesai

Tunggu sampai proses instalasi selesai dan menampilkan keterangan Installation Is Complete dan .NET Framework 4.8 has been installed. Langkah terakhir, klik Finish.

Selesai! Microsoft NET Framework versi 4.8 sudah berhasil diinstall di komputer kamu.

Jadi, begitulah cara install Microsoft NET Framework di PC Windows. Secara keseluruhan, sebenarnya mirip-mirip sih dengan cara install program pada umumnya. Mudah, bukan?

Author

Write A Comment