Mau kerja santai yang bisa dilakukan kapan dimana saja tapi gajinya besar? Kalau begitu, kamu harus tahu trik dan cara mendapatkan uang dari internet. Di kalangan milenial, internet memang sudah dijadikan sebagai wadah mencari penghasilan tanpa harus repot keluar rumah setiap hari.

Hal tersebut dikarenakan bisnis maupun pekerjaan di handle melalui sistem online, sehingga yang dibutuhkan hanyalah seperangkat PC atau laptop dan koneksi internet. Bahkan, sebagian besar kegiatan menghasilkan uang di internet juga bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan gadget saja.

12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal Sama Sekali

  1. Menjual Produk Kerajinan Tangan

Kamu suka membuat kerajinan tangan DIY (Do It Yourself) atau mengenal seseorang yang memproduksinya? Jangan ragu untuk mengambil peluang dengan menjual produk tersebut secara online di berbagai situs menjanjikan, seperti Etsy atau melalui marketplace tertentu.

Supaya produk kamu banyak dilirik oleh pengunjung situs, hadirkan produk dengan desain dan konsep semenarik mungkin. Jangan lupa, untuk memberikan deskripsi mengenai keunggulan produk dan judul yang clickbait agar visitor tertarik untuk melihat detailnya.

  • Menjual Software (Perangkat Lunak)

Bagi kamu yang berkecimpung di dunia IT, maka bisa memulai proyek dengan mengembangkan software untuk dijual. Sebelum menciptakan perangkat lunak, sebaiknya lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui aplikasi seperti apa yang paling dicari.

Setelah itu, barulah mulai membuat software. Di tahap akhir, jangan lupa meminta masukan dari beta tester dan user untuk mendapatkan kritik dan saran demi perbaikan aplikasi. Terakhir, lakukan kampanye marketing semaksimal mungkin sesuai dengan budget.

  • Proofreader

Tugas seorang proofreader adalah memeriksa kualitas teks. Proofreader harus memastikan teks bebas dari typo atau kesalahan penulisan, sempurna secara tata bahasa, format, penggunaan tanda baca, spasi, dsb. Profesi ini biasanya ditawarkan para penerbit buku.

Jika berminat menjadi seorang proofreader online, maka kamu bisa mencari pekerjaan ini di berbagai situs Scribendi dan Freelancer Indonesia. Kedua situs tersebut akan mempertemukan kamu dengan klien potensial yang membutuhkan jasa seorang korektor.

  • Penulis Artikel

Pekerjaan sebagai penulis artikel freelance bisa menjadi pilihan terbaik untuk yang suka menulis. Selain bisa melatih skill dan menyalurkan hobi, dengan bergabung di jasa penulis artikel terbaik kamu juga akan dibayar (Gaji tergantung jumlah kata dan kualitas tulisan).

Untuk menjadi seorang penulis artikel, kamu hanya perlu memiliki keterampilan dalam mengolah kata, laptop, dan koneksi internet memadai. Kalau kamu punya skill bahasa Inggris mumpuni, maka bisa mendaftar sebagai penulis artikel Inggris yang salary nya lebih besar.

  • Membuat Tema Website

Bagi yang memiliki kemampuan desain grafis, kamu bisa mencoba mengadu peruntungan dengan membuat berbagai tema website keren untuk dijual. Di zaman ini, permintaan akan tema-tema baru memang semakin meningkat seiring dengan boomingnya bisnis online.

Theme yang kamu buat bisa dipromosikan melalui berbagai akun sosial media, maupun marketplaces, seperti Template Monster dan Theme Monster. Masalah harga, kamu bebas menentukan sendiri. Namun, supaya laris sebaiknya buatlah theme yang unik dan kreatif.

  • Melakukan Pencarian di Search Engine (Mesin Penelusuran)

Cara mendapatkan uang dari internet tanpa harus memiliki skill selanjutnya adalah melakukan pencarian di search engine. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan kegiatan browsing ini, bukan? Selain mudah, aktivitas ini juga cukup fun, tapi tentunya menghasilkan.

Untuk bisa mendapatkan bayaran dari searching, kamu hanya perlu registrasi di berbagai platform, seperti Qmee, kemudian pasang extension. Setelah itu, lakukan pencarian pada mesin penelusuran populer, seperti Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya.

  • Menonton Video

Bayangkan saja, hanya dengan melakukan aktivitas sepele menonton video kamu sudah bisa menghasilkan uang jajan tambahan. Bagaimana, menarik sekali bukan? Sistem kerjanya juga sangat simple, kamu tinggal tonton video yang ditentukan oleh pihak yang akan membayar.

Jangan negative thinking, biasanya video yang harus ditonton hanya berupa short video dan iklan. Selain itu, kamu bebas nonton sambil tiduran dan mata terpejam. Beberapa platform yang bersedia membayar kamu menonton diantaranya adalah, Swagbucks.

  • Membuka Kursus Online

Suka mengajar tapi terkendala pandemi, sehingga tidak memungkinkan untuk mengajar secara offline? Jangan khawatir, kamu bisa berkarir dan tetap mengajar secara online. Berbeda dengan online coaching, kursus online mengharuskan kamu fokus pada satu situs.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membangun website lalu menginstall plugin. Agar hasilnya optimal, sebaiknya pilihlah niche sesuai passion kamu, dan buat konten menarik bermuatan edukatif. Contoh web kursus online adalah, Ruang Guru, Udemy, dsb.

  • Membuat Website Lowongan Pekerjaan

Kebutuhan akan pekerjaan memang sangat besar. Di lain sisi, pihak yang membutuhkan karyawan juga ingin merekrut calon pegawai dengan kriteria tertentu. Kamu bisa memenuhi kebutuhan antara pencari kerja dan penyedia loker dengan membuka situs lowongan kerja.

Cara mendapatkan uang dari internet dengan membuat web loker cukup mudah. Kamu bisa membebankan biaya kepada perusahaan yang berminat memasang iklan di situs kamu, atau menerapkan biaya berlangganan bagi visitor untuk bisa melihat loker yang tersedia.

  1. Jasa Edit Foto dan Video

Kalau kamu dapat mengoperasikan beberapa software photo atau video editor, maka bisa mulai membuka layanan jasa edit foto dan video. Kamu bisa mempromosikan keahlian tersebut melalui berbagai platform media sosial, dan jangan lupa posting di grup Facebook.

Hasil yang bisa diperoleh dari jasa edit sebenarnya lumayan. Karena tarifnya bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan mengedit dan jumlah foto maupun durasi video untuk diedit. Kunci utama sukses berkarir di bidang ini hanyalah memprioritaskan kualitas hasil editan.

  1. Developer

Kalau kamu menguasai bahasa programming meskipun mempelajari secara otodidak, sudah tentu tidak akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan secara online. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali perusahaan yang mencari developer dengan sistem kerja remotely (jarak jauh).

Programmer memang sangat dibutuhkan di era modern ini. Selain mudah mencari pekerjaan, baik offline maupun online. Gaji yang ditawarkan untuk posisi developer maupun programmer juga di atas rata-rata. Hal tersebut tentu sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

  1. Guru Bahasa Asing Online

Menguasai lebih dari satu bahasa faktanya bisa memudahkan kamu dalam mendapatkan penghasilan secara online. Jadi, kamu yang selama ini sudah bersusah-payah belajar bahasa asing bisa mulai melatih skill sekaligus mencari cuan, dengan cara mengajar bahasa online.

Bingung tidak tahu harus memulai darimana? Kamu bisa mulai dengan memposting keahlian kamu di berbagai situs lowongan kerja. Selain itu, tidak ada salahnya dengan promosi di berbagai sosmed atau gabung di platform mengajar yang sedang mencari guru bahasa asing.

Cara mendapatkan uang dari internet di atas sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang mencari solusi menambah penghasilan namun tidak memiliki modal besar membuka bisnis offline. Berbekal keahlian tertentu, kamu bisa mulai berkarir sesuai dengan passion yang dimiliki.

Author

Write A Comment