Bluetooth adalah salah satu media transfer data yang saat ini sangat populer. Karena menggunakan Bluetooth dianggap lebih mudah, praktis, dan juga sangat efisien tanpa harus menggunakan jaringan internet atau kabel data.

Melalui sinyal frekuensi Bluetooth yang dipancarkan oleh kedua perangkat, masing-masing perangkat bisa terhubung satu sama lain dimana yang satu bertindak sebagai pengirim/sender dan yang satunya lagi bertindak sebagai penerima/receiver.

Dengan adanya fitur Bluetooth, tentunya akan memberikan banyak kemudahan yang bermanfaat. Namun, dibalik peran Bluetooth yang sangat bermanfaat, ada saja masalah yang muncul. Masalah ini sering terjadi pada Laptop yaitu Bluetooth tidak bisa mengirim dan menerima file.

Bahkan, terkadang Bluetooth pada Laptop juga tidak bisa aktif sama sekali alias error. Cara mengatasi Bluetooth Laptop error tidaklah sulit, yang terpenting Anda mengetahui penyebabnya atau pesan saat Bluetooth error.

Pesan Saat Bluetooth Laptop Error

Error pada Bluetooth biasanya memunculkan sebuah notifikasi maupun pesan yang dapat kita gunakan sebagai pengidentifikasi mengapa Bluetooth pada Laptop tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Berikut adalah pesan error dan penyebab Bluetooth tidak berfungsi pada Laptop:

1. Bluetooth File Transfer Not Completed

Artinya “Bluetooth file transfer not completed. Windows was unable to transfer some files An invalid argument was supplied”. Pesan error ini muncul karena module service Bluetooth tidak aktif atau berjalan pada Windows.

2. Bluetooth device not found. Please verify that your Bluetooth

Artinya “Bluetooth device not found. Please verify that your Bluetooth device is properly connected and turned on”. Pesan error seperti ini biasanya dialami oleh user Windows XP. Hal ini terjadi karena pada Windows XP sudah memiliki driver built-in atau bawaan milik Windows, sehingga tidak bisa melakukan instalasi driver Bluetooth yang lainnya.

3. This device cannot start (Code 10)

Pesan this device cannot start biasanya muncul karena versi driver Bluetooth pada Laptop sudah tidak update lagi. Namun, kita bisa mencoba untuk mencari versi terbarunya di website resmi sesuai merk Laptop yang kita gunakan.

4. This device is not configured correctly. (Code 1)

Dari pesan tersebut sudah bisa ditangkap bahwa perangkat belum terdapat driver Bluetooth. Mudahnya, perangkat Laptop Anda belum terinstall driver Bluetooth. Jika tidak, terdapat file yang hilang maupun corrupt sehingga muncul pesan seperti itu.

Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Error dengan Mudah

Pesan yang muncul ketika Bluetooth error tidak hanya itu saja, masih banyak lagi sebenarnya. Namun, yang paling sering muncul adalah pesan tersebut. Perlu Anda ketahui, Bluetooth error pada Laptop tidak selalu menampilkan pesan indikasi.

Maka kita harus melakukan beberapa langkah perbaikan agar bisa menggunakan Bluetooth kembali. Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara untuk mengatasi Bluetooth Laptop error, Artikel dari Konektifa.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara mengatasi Bluetooth Laptop error dengan mudah dan cepat.

Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Mengaktifkan Module Service

  • Pertama, tekan tombol Windows+R untuk membuka Run. Kemudian ketikkan services.msc lalu tekan Enter.
  • Jika sudah, nantinya akan muncul banyak sekali services disitu. Silahkan cari Bluetooth Support Services.
  • Buka module tersebut dengan cara double klik.
  • Lalu rubah startup type menjadi Automatic kemudian pilih Start. Jika sudah, langsung klik Apply lalu Ok.
  • Selesai.

Fungsi menjalankan Bluetooth support service dan mengubah startup type menjadi automatic adalah agar Bluetooth berjalan secara otomatis ketika Laptop dihidupkan. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, disarankan restart Laptop terlebih dahulu agar perubahan segera diterapkan.

2. Install Ulang Driver

Terkadang, melakukan install ulang driver memang sangatlah diperlukan. Sebab, bisa saja driver tersebut terkena virus. Tanda-tanda driver terkena virus adalah tidak bisa berfungsi dengan normal alias error. Untuk melakukan install ulang pada driver, terlebih dahulu Anda harus menguninstall driver yang sebelumnya sudah terpasang di Laptop. Jika sudah, langsung saja install driver yang terbaru.

3. Update Versi Driver

Pada setiap versi driver, pastinya dibekali dengan fitur yang berbeda-beda. Biasanya, semakin baru versi driver akan semakin bagus pula performanya karena setiap update akan dilakukan perbaikan. Nah, bisa jadi penyebab Bluetooth Laptop error atau tidak berfungsi adalah driver masih versi lama alias belum update.

Itulah beberapa ulasan yang membahas tentang cara mengatasi Bluetooth Laptop error. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah Bluetooth error pada Laptop.

Author

Write A Comment