Laptop merupakan perangkat portable yang menjadi kebutuhan banyak kalangan, mulai dari masyarakat biasa sampai pejabat negara. Laptop banyak dipilih karena bentuknya yang minimalis dan bisa dibawa kemana saja. Keunggulan lain yang dimiliki laptop adalah beratnya yang relatif ringan, apalagi laptop keluaran terbaru ada yang beratnya tidak sampai 1kg.

Namun seringnya laptop dibawa kesana-kemari memungkinkan suatu kecelakaan terjadi, seperti salah satu contoh laptop ketumpahan air. Laptop yang ketumpahan air sama halnya dengan laptop yang kehujanan. Pernahkah laptop Anda ketumpahan air atau kehujanan? Jika pernah, apa yang selanjutnya Anda lakukan? Mungkin jawabannya bermacam-macam ya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit tips mengenai apa yang harus dilakukan ketika laptop Anda ketumpahan air. Memang sepertinya masalah ini sedikit sepele, tapi jika disepelekan dan salah dalam mengambil tindakan, bisa-bisa akan terjadi masalah yang kebih serius pada laptop Anda.

Tips Menangani Laptop yang Terkena Air

Ketika laptop ketumpahan air, banyak sekali hal-hal yang dilakukan pemiliknya tanpa mengerti apa yang akan terjadi selanjutnya. Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini mengalami masalah ini, ada baiknya membaca artikel ini terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan pada laptop Anda.

1. Jangan Dihidupkan

Ini yang sering dilakukan kebanyakan orang, ketika laptop ketumpahan air malah langsung menghidupkannya. Hal ini akan menyebabkan konsleting pada komponen laptop yang terkena air. Maka dari itu, ketika laptop Anda ketumpahan air jangan sekali-kali langsung menghidupkannya, sangat bahaya.

2. Lepas Baterai Laptop

Langkah selanjutnya silahkan lepas dahulu baterai laptopnya. Ini dimaksudkan untuk menghindari arus listrik menuju komponen-komponen laptop. Jika laptop Anda terbiasa dicharge terus-menerus, silahkan lepas terlebih dahulu dari colokan chargenya.

3. Lepas Keyboard Laptop

Kebanyakan kasus, keyboard merupakan komponen yang pertama kali terkena cairan air. Karena memang, banyak kasus disebabkan oleh tumpahnya minuman yang diletakkan di dekat laptop. Maka dari itu, silahkan lepas keyboard laptop Anda. Keringkan dan bersihkan keyboardnya sekalian. Sedikit tips, ketika mengeringkan jangan menggunakan sinar matahari, gunakan kipas angin atau semacamnya.

4. Bongkar Laptop

Membongkar laptop dimaksudkan agar seluruh komponen yang terkena air bisa benar-benar diketahui. Karena jika ada salah satu komponen terkena air dan Anda tidak mengetahuinya, bisa-bisa komponen inilah yang nantinya akan menyebabkan konsleting pada laptop Anda. Jika Anda tidak bisa membongkar laptop, lebih baik dibawa ke tempat service saja.

5. Keringkan Semua Komponen

Setelah laptop dibongkar, silahkan keringkan semua komponen yang ketumpahan air. Alangkah baiknya keringkan dengan kipas angin atau blower, jangan menggunakan sinar matahari langsung. Biasanya, pengeringan akan maksimal kira-kira sekitar 1 hari. Jika sudah benar-benar kering, silahkan pasang kembali laptop Anda. Jika sudah, tinggal coba dihidupkan.

Pada intinya, hal paling penting yang harus dilakukan ketika laptop Anda terkena air adalah memastikan bahwa semua komponen sudah benar-benar kering. Pokoknya, jangan sampai Anda mencoba menghidupkan laptop ketika masih ada komponen yang basah, karena yang ada laptop Anda malah akan rusak.

Oh ya, agar kejadian ini tidak terluang kembali, maka Anda harus menghindari hal-hal yang berkaitan dengan air tumpah ke laptop. Contoh kecilnya adalah jangan letakkan gelas di sebelah laptop, karena ini berpotensi tumpah jika kita tidak sengaja menyenggol gelas tersebut.

Itulah sedikit tips yang bisa kami sampaikan. Harapan kami adalah bisa membantu Anda yang sedang mengalami masalah laptop ketumpahan air, semoga laptopnya tidak apa-apa dan bisa digunakan kembali secara normal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Author

Write A Comment