Cara Mengatasi Tanggal Kadaluarsa WhatsApp

Pada umumnya setiap aplikasi pasti memiliki batas waktu penggunaan atau kadaluarsa dan waktu pembaruan. Hal tersebut untuk menjaga keamanan maupun untuk peningkatan fitur.

Salah satu aplikasi yang juga mengalami pembaharuan adalah WhatsApp Messenger. Mungkin kamu salah satu pengguna WA yang sering menerima pemberitahuan masa kadaluarsa WA.

Biasanya WA yang melewati masa kadaluarsa tidak akan bisa digunakan seperti biasanya. Lalu apa yang bisa dilakukan? Kamu bisa mengatasinya dengan cara mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp Android.

Dampak WhatsApp Kadaluarsa

Jika aplikasi WA memasuki masa kadaluarsa, maka pihak WhatsApp akan memberikan pesan pemberitahuan. Tapi jika kamu mengabaikannya, maka kamu akan mendapatkan beberapa kerugian.

Ada beberapa keuntungan jika kamu selalu memperbarui WhatsApp kamu secara berkala. Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  1. Mendapatkan fitur paling baru dari WA.
  2. Akun kamu lebih aman.
  3. Aplikasi WhatsApp kamu akan lebih ringan, stabil serta lancar.

Misalnya pada tanggal 10 Juni 2020, WhatsApp merilis pemberitahuan penting mengenai peningkatan fiturnya.

Fitur baru tersebut memungkinkan kamu untuk video call group maupun voice call group dengan maksimal untuk 8 orang teman kamu.

Untuk menggunakannya, kamu harus melakukan pembaruan. Sehingga kamu bisa mendapatkan WA versi terbaru dan menggunakan fitur terbaru dari WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa

Mengutip dari teknoride.com, cara untuk mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa adalah dengan memperbaruinya. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk update WhatsApp.

Update Melalui Google Play

Untuk WhatsApp Android, kamu bisa melakukan pembaruan melalui Google Play.

  • Pertama-tama bukalah aplikasi Play Store.
  • Kemudian pada kolom pencarian ketiklah kata WhatsApp Messenger.
  • Pilih aplikasi WhatsApp Messenger untuk mulai pembaruan. Jika WhatsApp sudah merilis pembaruan, maka kamu bisa melakukan update dengan klik tombol update yang berwarna hijau. Perintah tersebut akan melakukan pembaruan WA dari versi lama ke versi yang terbaru.
  • Tunggu sampai proses update selesai.

Situs Resmi WhatsApp

Selain cara di atas, kamu juga bisa melakukan update melalui situs resmi WhatsApp.

  • Buka broser kamu kemudian buka alamat https://www.whatsapp.com/android/.
  • Kemudian klik tombol unduh sekarang. Maka akan muncul pesan berisi konfirmasi mengenai pengunduhan WhatsApp versi terbaru.
  • Kamu juga bisa memilih lokasi penyimpanan pembaruan, bisa di memori internal ataupun eksternal.
  • Klik download untuk mulai mengunduh.
  • Lanjutkan dengan klik OK.
  • Jika sudah selesai terunduh, buka file apk WA lalu klik tombol install atau pasang.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai. Maka kamu akan mendapatkan WhatsApp dengan versi terbaru.

Memang cara memperbarui WhatsApp di atas bukan sesuatu yang asing dan sulit. Namun ada kalanya pembaruan WhatsApp muncul di waktu yang tidak tepat.

Misalnya saja ketika kamu sedang berada di area yang susah sinyal. Atau bisa juga ketika kamu tidak memiliki paket data internet.

Tentu saja hal ini merepotkan karena pembaruan WA membutuhkan koneksi internet. Maka apa yang harus dilakukan?

Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp Android

Walaupun aplikasi WA kamu tidak bisa dibuka karena kadaluarsa, kamu masih bisa mengakalinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Simaklah terus ya untuk tahu info pentingnya.

Atur Ulang Waktu dan Tanggal Perangkat

Biasanya setelan waktu dan tanggal pada smartphone akan mengikuti SIM card yang kamu gunakan.

Misalnya jika kamu tinggal di Jogja maka waktu yang ditunjukkan pada smartphone kamu akan secara otomatis mengikuti zona waktu yang ada di Jogja.

Namun terkadang pengaturan waktu ini bisa saja berubah karena sesuatu hal. Cara ini merupakan cara termudah untuk mengatur tanggal kadaluarsa WA.

Apa yang harus kamu lakukan? Kamu harus menyesuaikan tanggal yang dianjurkan yang muncul pada notifikasi WhatsApp.

Alasan pemberitahuan tersebut muncul karena waktu serta tanggal pada smartphone kamu tidak akurat.

Untuk menyesuaikan waktu dan tanggal agar pas dengan kondisi yang sekarang kamu bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuklah ke menu pengaturan atau setelan.
  • Kemudian pilih setelan tambahan.
  • Lanjutkan dengan memilih tanggal & waktu.
  • Aturlah waktu dan tanggal yang benar. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tanggal dan waktu secara otomatis.
  • Setelah itu, waktu dan tanggal yang tertera akan sesuai dengan waktu dan tanggal sebenarnya. Baru setelah itu kamu bisa menggunakan kembali WhatsApp dengan normal.

Kembalikan Tanggal ke Sebelum Masa Kadaluarsa

Pada langkah di atas berfungsi untuk mengatur waktu pada smartphone agar sesuai dengan waktu yang sesungguhnya atau real time. Dengan begitu masalah kadaluarsa WhatsApp pun bisa di atur ke waktu semestinya.

Namun apabila dengan cara di atas belum berhasil, kamu bisa mencoba cara lain. Yaitu dengan cara mengubah waktu dan tanggal ke tanggal sebelum aplikasi kadaluarsa.

Misalnya pada tanggal 12 Januari 2020, WhatsApp masih bisa dipakai. Namun tanggal 20 Januari 2020, WhatsApp tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Maka dari itu kamu bisa mengubah perangkat menjadi sebelum tanggal kadaluarsa. Untuk langkah pengaturannya hampir sama dengan poin di atas ya. Hanya saja tanggalnya kamu ubah ke tanggal sebelum WhatsApp kadaluarsa.

Nah, cukup mudah bukan cara mengatasi tanggal kadaluarsa WhatsApp. Namun sebagai pengguna WhatsApp yang baik jangan lakukan hal di atas ya.

Kamu harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa WA dan melakukan pembaruan yang benar untuk bisa menggunakan WA secara normal.

Cara di atas bisa kamu terapkan jika kamu mengalami beberapa kendala untuk melakukan pembaruan.

Leave a Reply