Perlu kita ketahui, permasalahan Wifi pada laptop bukan hanya terletak pada laptopnya saja, bisa juga karena jaringannya. Tidak jarang ditemui laptop yang tidak bisa terhubung dengan jaringan Wifi A, namun bisa terhubung dengan jaringan Wifi B.

Ada laptop yang sama sekali tidak bisa terhubung dengan semua jaringan Wifi, ada juga yang bisa terhubung namun sering disconnect. Setiap permasalahan tersebut, tentu memiliki cara penyelesaian yang berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya percobaan dalam perbaikan.

Wifi atau wireless fidelity sendiri adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel melalui sebuah jaringan komputer.

Wifi termasuk jaringan yang memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi, jadi wajar saja kalau saat ini banyak pengguna laptop yang sering menggunakan Wifi untuk mengakses internet dan mengunduh file.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah Wifi laptop yang sering disconnect sendiri, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa solusi untuk mengatasinya, cara ini kami kutip dari charis.id di blognya.

Cara Mengatasi Wifi Laptop Sering Disconnect

Cara ini bisa digunakan untuk semua versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Baiklah, berikut ini adalah 3 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Wifi laptop yang sering terputus.

1. Update Driver Wifi

Driver merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengintegrasikan sistem operasi dengan perangkat komputer ataupun laptop agar bisa saling terhubung. Tanpa driver, ada beberapa perangkat keras yang tidak bisa berfungsi, contohnya adalah Wifi. Agar bisa menggunakan Wifi, sebuah laptop harus terinstall driver terlebih dahulu.

Namun, walaupun sudah terinstall driver Wifi, terkadang masih saja ada masalah yang muncul, salah satunya adalah Wifi sering terputus. Kemungkinan besar, hal ini disebabkan oleh versi driver yang masih lawas, jadi ada kemungkinan juga terdapat bug pada driver tersebut.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan update driver Wifi ke versi paling baru. Untuk mengunduh driver terbaru, Anda bisa mengunjungi website resmi dari merk laptop Anda, biasanya sudah tersedia semua.

2. Cek Koneksi Wifi

Seperti yang kami katakan di atas, ada laptop yang bisa terhubung dengan jaringan Wifi A, namun tidak bisa terhubung dengan jaringan Wifi B. Nah, kalau kasusnya begitu, berarti permasalahannya bukan terletak pada laptopnya, melainkan pada jaringan Wifinya, entah access pointnya, atau permasalahan wifi lainnya.

Terkadang, sebuah jaringan Wifi memiliki jumlah client yang sudah disesuaikan. Misal sudah diatur maksimal penggunanya 30, jika ada 1 pengguna yang ingin menggunakan Wifi tersebut, maka ada kemungkinan pengguna lain akan disconnect.

3. Restart WLAN AutoConfig

Ini adalah cara terakhir yang mungkin bisa membantu, yaitu merestart WLAN AutoConfig . Dengan cara ini, maka semua service terkait Wifi akan dimulai ulang. Untuk caranya, silahkan lihat di bawah ini:

  • Tekan Windows+R secara bersamaan.
  • Ketikkan services.msc pada kolom yang disediakan lalu klik Ok.
  • Cari dan klik WLAN AutoConfig, selanjutnya klik Stop¬†lalu Start. cara mengatasi wifi laptop disconnect
  • Tunggu proses sampai selesai.

Jika sudah selesai, silahkan coba koneksikan laptop Anda dengan Wifi. Jika ternyata masih belum bisa, silahkan restart terlebih dahulu laptop Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi Wifi laptop disconnect sendiri. Kami tidak menjamin cara-cara di atas 100% berhasil, karena ada kemungkinan penyebab permasalahannya juga berbeda. Jika Wifi Anda tidak connect, silahkan baca cara mengatasi no internet access untuk mengatasinya.

Mungkin hanya ini artikel yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi permasalahan ini.

Author

Write A Comment