Apakah Anda termasuk orang yang tak mau berada di dekat kucing? Kalau iya, Anda perlu tahu cara mengusir kucing yang tepat agar tidak menyakitinya.

Ada banyak orang yang menyukai dan memelihara kucing karena dianggap bisa menjadi teman, tingkah lakunya menggemaskan, wujudnya unik, dan berbagai alasan lainnya.

Namun, tak sedikit pula orang yang kurang menyukai hewan satu ini, entah karena fobia atau alergi terhadap bulunya.

Biasanya, alasan orang ingin mengusir kucing adalah karena suka buang air sembarangan dan membuat ruangan menjadi kotor. Kehadirannya pun sering dianggap mengganggu.

Akan tetapi, ketika hendak mengusir kucing, Anda harus melakukannya secara halus.

Anda perlu ingat bahwa kucing juga makhluk hidup yang tidak boleh diperlakukan secara kasar dan semena-mena.

Berikut adalah beberapa cara mengusir kucing secara halus dan terbilang ampuh.

1. Usir Menggunakan Sesuatu yang Ditakuti

Cara mengusir kucing yang pertama adalah dengan menakut-nakutinnya menggunakan benda tertentu. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu apa saja benda yang ditakuti kucing pada umumnya.

Berikut beberapa contoh barang yang bisa Anda gunakan untuk mengusir kucing karena biasanya kucing akan takut ketika melihatnya.

2. Sapu Lidi

cara mengusir kucing dari rumah

Sapu lidi merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengusir kucing. Akan tetapi, jangan gunakan benda ini untuk memukul kucing.

Anda hanya perlu memukulkan sapu lidi ke arah meja, kursi, atau dinding guna menakut-nakuti kucing.
Kucing akan takut dengan bunyi yang ditimbulkan dari pukulan sapu lidi tersebut. Dengan begitu, ia akan segera lari menjauh.

3. Lada

Kucing dikenal memiliki indra penciuman yang sangat tajam dan Anda dapat memanfaatkan kelebihannya ini sebagai cara mengusir kucing.

Salah satu benda berbau tajam yang bisa Anda coba adalah lada atau merica. Rempah yang satu ini mempunyai bau yang tidak disukai kucing.

Taburkan bubuk lada di area rumah Anda yang sering didatangi kucing atau di sekitar pintu masuk. Aromanya yang tajam akan membuat kucing merasa tidak nyaman dan menjauh.

Cara ini juga bisa Anda gunakan ketika makan di warung kaki lima karena tempat ini juga cukup sering didatangi kucing.

Agar tak terganggu, buatlah kucing enggan mendatangi tempat makan dengan menaburkan bubuk lada di sekitar tempat duduk Anda.

Selain lada, Anda bisa menggunakan benda lain yang memiliki aroma kuat, misalnya pengharum ruangan atau parfum.

Mungkin sebagian orang ada yang memilih kapur barus sebagai cara mengusir kucing yang efektif. Jika Anda pernah ingin mencobanya, sebaiknya urungkan niat tersebut.

Mengusir kucing menggunakan kapur barus merupakan cara yang sangat tidak disarankan karena berbahaya. Benda ini mengandung bahan beracun yang dapat berujung pada kematian kucing.

4. Air

cara usir kucing

Sudah menjadi rahasia umum jika kucing takut terhadap air. Cara mengusir kucing dengan metode ini cukup sederhana, tetapi terbilang ampuh.

Tak perlu sampai menyiramnya, semprotan sedikit saja sudah bisa membuat kucing pergi menjauh.

Jangan Biarkan Sampah Berserakan atau Menumpuk

Apakah Anda sering membuang sisa makan di tong sampah dan membiarkan kotoran lainnya menumpuk dan berserakan?

Jika tak ingin rumah Anda didatangi kucing, lebih baik segera bereskan dan bersihkan sampah sebelum menumpuk.

Sampah yang berserakan dapat memancing kucing datang untuk mengais sisa makanan.

Meskipun sudah berkali-kali Anda usir, apabila tidak benar-benar dibersihkan, kemungkinan besar kucing akan kembali lagi.

Lemparkan Barang untuk Mengalihkan Perhatian

Ketika Anda lupa menutup pintu, kucing berkesempatan untuk masuk rumah. Jika sudah telanjur masuk, alihkanlah perhatiannya.

Anda dapat menggunakan gulungan kertas yang dirangkai menggunakan tali. Gerak-gerakkan rangkaian tersebut sampai kucing mendekati Anda.

Usahakan untuk mengarahkan perhatian kucing ke luar. Setelah mendekati pintu, lemparkan rangkaian kertas tersebut ke luar dan segera tutup pintu agar kucing tidak bisa masuk lagi.

5. Gunakan Perangkat Ultrasonik

Cara mengusir kucing lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan perangkat suara. Alat suara pengusir kucing ultrasonik ini banyak dijual di pasaran.

Alat ini terbilang ampuh dan tidak mengganggu Anda karena gelombang suara ultrasonik berada di luar jangkauan pendengaran manusia.

Hanya hewan tertentu yang bisa mendengarnya, salah satunya adalah kucing.

Alat ini bekerja menggunakan sensor gerak yang mampu mendeteksi keberadaan kucing yang dianggap sebagai penyusup.
Kemudian, alat tersebut akan mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi yang dapat mengusir kucing.

Cara Mengusir Kucing agar Tidak Membuang Kotoran Sembarangan

Salah satu alasan orang mengusir kucing adalah karena kebiasaannya membuang kotoran di sebarang tempat, terutama kucing liar.

Tempat favorit kucing untuk buang air biasanya adalah halaman rumah sehingga baunya yang tidak sedap bisa menyebar.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi, Anda perlu membuat kucing agar tidak datang ke halaman rumah.

Salah satu cara mengusir kucing yang bisa dilakukan adalah dengan melapisi permukaan halaman dengan mulsa (penutup tanaman).

Tekstur mulsa yang tebal tidak disukai oleh kucing sehingga ia enggan mendekatinya. Dengan demikian, kucing tidak akan tertarik untuk buang air di area halaman Anda.

Kucing juga tidak suka berjalan di atas ram atau ranting pohon sehingga Anda bisa memanfaatkan kedua benda tersebut sebagai cara untuk mengusir kucing.

Untuk menghindari kucing masuk ke area halaman, Anda juga dapat meletakkan kulit jeruk di sekitar halaman. Bau kulit jeruk yang menyengat membuat kucing enggan untuk mendekat.

Ada pula tumbuhan yang bisa ditanam di area halaman untuk mengusir kucing, salah satunya adalah tanaman inggu.

Cara kerjanya sama seperti kulit jeruk, tanaman ini memiliki bau menyengat yang tidak disukai oleh kucing.

Demikian informasi mengenai cara mengusir kucing yang bisa Anda lakukan di rumah.

Tak perlu mengusir kucing secara kasar. Cukup dengan memanfaatkan hal-hal yang tidak disukainya, Anda bisa membuat kucing pergi menjauh.

Referensi: https://www.meong.info

Author

Write A Comment