Indonesia adalah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Hal ini membuat Indonesia memiliki hasil laut yang melimpah, salah satunya yaitu sebagai penghasil ikan terbesar di dunia.

Dengan panjangnya garis pantai serta luasnya daerah teritorial laut, banyak masyarakat Indonesia yang mempunyai mata pencaharian sebagai pelaut atau nelayan. Sehingga hasil laut berupa ikan pun sangat melimpah.

Dengan demikian banyak olahan ikan yang dijadikan sebagai panganan asli Indonesia. Salah satu makanan dengan bahan dasar ikan yaitu ikan asin. Jenis ikan asin ini sangat melimpah di Indonesia. Bahkan, harganya pun sangat murah dan terangkau bagi setiap kalangan masyarakat.

Ikan asin memiliki rasa yang khas, yaitu asin. Hal ini disebabkan karena proses pembuatan ikan asin sangat bergantung pada garam. Meskipun rasanya asin, tapi banyak orang yang merasa bahwa rasanya justru enak. Apalagi jika dihidangkan dengan nasi hangat serta sambal yang pedas, nikmat!

Banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan ikan asin ini sebagai lauk favorit pelengkap nasi. Ikan asin ini juga banyak tersedia di pasar-pasar di setiap daerah, atau ada juga di warung-warung.

Terkadang, banyak masyarakat yang langsung membeli banyak untuk stok makan di rumah. Namun kebanyakan dari mereka juga salah dalam menyimpan ikan asin ini. Nah bagi Anda yang suka membeli ikan asin dengan jumlah banyak, silahkan simak cara menyimpan ikan asin yang dikutip dari website makanan Foodnesia berikut ini:

1. Dijemur

menjemur ikan asin
chanelbanten.com

Tips pertama bagaimana cara menyimpan ikan asin adalah dengan cara dijemur. Meskipun pada dasarnya ikan asin sudah melalui proses penjemuran, tetapi dengan cara dijemur kembali, maka ikan asin akan menjadi lebih awet lagi.

Logikanya, ikan asin yang dijemur kembali maka akan berkurang kandungan air di dalamnya, hal ini menyebabkan ikan asin tidak cepat basi dan akan awet lebih lama. Penjemuran ikan asin juga menyebabkan ikan asin menjadi tidak berbau apek.

2. Jangan Mencuci Ikan Asin

ikan asin
sajiansedap.grid.id

Bagi Anda yang akan menyimpan ikan asin, maka jangan pernah mencucinya terlebih dahulu, karena hal ini akan membuat ikan asin menjadi lembab dan mudah basi. Anda boleh mencuci ikan asin ketika akan memasaknya atau menyantapnya.

Meskipun ikan asinnya Anda rasa kotor, tapi tidak apa-apa, simpanlah, dan lebih baik di simpan di freezer agar lebih awet.

3. Membungkus dengan Kertas Roti

tips awet ikan asin
idntimes.com

Kertas roti merupakan salah satu pembungkus yang sangat baik dan paling efektif untuk menyimpan ikan asin. Hal ini dikarenakan kertas roti bisa menyerap kandungan air yang ada pada ikan asin, sehingga kualitas ikan asin akan tetap terjaga dan menjadi lebih awet.

Untuk membungkusnya, Anda bisa menggunakan dua lapis kertas roti agar hasilnya lebih maksimal lagi.

4. Jangan Menggunakan Bungkus Kemasan Plastik

cara menyimpan ikan asin
astromesin.com

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan wadah atau bungkus yang berbahan plastic akan menyebabkan ikan asin menjadi lebih panas, sehingga garam yang ada pada ikan menjadi menguap dan menyebabkan basah atau lembab.

Ketika sudah terjadi pelembaban pada ikan asin, maka akan menyebabkan ikan asin tersebut tidak akan awet lagi.

5. Simpan di Suhu Ruang atau di Dalam Kulkas

tips menyimpan ikan asin
frozener.com

Pada tips pertama sudah disebutkan bahwa Anda boleh menyimpan ikan asin dengan cara dijemur. Namun apa yang bisa Anda lakukan ketika musim hujan? Tidak mungkin kan dengan cara menjemur ikan asin?

Nah salah satu caranya yaitu cukup menyimpannya di suhu ruangan dan akan lebih baik lagi jika disimpan pada suhu dingin seperti kulkas atau freezer.

Itulah 5 cara menyimpan ikan asin yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih sudah membaca dan salam foodies.

Author

Write A Comment