Screenshot adalah kegiatan mengambil atau menangkap tampilan layar ketika perangkat dalam kondisi sedang akitf. Kegiatan screenshot biasanya dilakukan ketika ada sesuatu yang menarik ataupun penting di layar perangkat kita. Pada Komputer atau Laptop sendiri sebenarnya juga banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan kegiatan Screenshot/Print Screen/Screen Capture ini.

Kamu ingin tahu apa saja caranya untuk Screenshot dilaptop? Simak terus pembahasan kali ini sampai akhir ya.

Cara Screenshot di Laptop Windows & Mac

Perlu kamu ketahui bahwa Screenshot di laptop itu dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari cara yang ribet sampai dengan cara yang simpel, bisa kita lakukan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Cara Screenshot di Laptop dengan Simpel tanpa Ribet, pastinya dapat menghemat waktu kerja dalam laptop.

Cara Screenshot di Laptop Windows

Untuk melakukan Screenshot diwindows kita sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan. Disini saya akan memberikan cara dari mulai menggunakan fitur bawaan sampai dengan tambahan aplikasi.

Cara Screenshot Standar Windows

Yang pertama adalah cara standar, kenapa dikatakan standar? karena menurut saya hampir semua keyboard untuk Windows sudah menyertakan tombol khusus untuk mengambil Screenshot atau Print screen ini. Berikut cara Screenshot standar di Windows:

  1. Tekan tombol “PrtScn” (Tergantung type Laptop) untuk mengambil gambar dari seluruh layar laptop atau tekan tombol “Alt”+“PrtScn” untuk mengambil gambar dari layar windows yang sedang terbuka saja.
  2. Selanjtunya buka Software Paint atau Software lainnya yang ingin kamu tempatkan gambar.
  3. Tekan tombol “Ctrl”+“V” untuk menaruh atau mempaste gambar tersebut.

Cara Screenshot menggunakan Snipping Tool

Snpping Tool merupakan Software bawaan dari windows. Jadi bagi para pengguna windows tidak usah repot-repot mendownload Software untuk Screenshot lagi jika ingin. Berikut cara Screenshot menggunakan Snipping Tool:

  1. Buka Software Snipping Tool ini, bisa kamu cari dalam windows kamu.
  2. Setelah terbuka, silakan kamu klik menu “New” dan langsung ambil layar mana yang mau di Screenshot. Disini kamu sebenarnya juga bisa mengatur jenis tangkapan layarnya, jadi memang bener mudah dipelajari.
  3. Setelah melakukan pemilihan layar, kamu nanti juga bisa mengeditnya ataupun langsung menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

Nah, selain bisa screenshot menggunakan snipping tool, kamu juga bisa screenshoot menggunakan software lightshot seperti yang pernah ditulis pada artikel arahtekno.com

Cara Screenshot di Laptop Mac

Mengambil Screenshot di laptop yang bersistem operasi Mac juga tidak jauh berbeda dari sistem operasi Windows. Hanya saja, kombinasi tombol yang digunakan akan lebih banyak. Dan untuk menggunakan aplikasi tambahan juga ada, jadi tergantung pilihan kamu.

Cara Screenshot Standar Mac

Cara standar sudah saya beritahukan adalah cara dengan hanya menggunakan shortcut keyboard bawaan, jadi kita bisa melakukan dengan cara sesuai dengan fitur bawaan. Berikut cara Screenshot standar di Mac:

  1. Untuk mengambil Screenshot dari keseluruhan layar, kamu bisa menekan tombol “Command”+“Shift”+“3” secara bersamaan.
  2. Sedangkan untuk mengambilnya dari jendela atau area tertentu saja, silahkan tekan tombol “Command”+“Shift”+“4” secara bersamaan.

Dengan menggunakan cara langkah di atas, gambar Screenshot yang diambil akan disimpan secara otomatis di desktop dengan nama file default. Jika kamu tidak ingin menyimpannya secara otomatis bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Tekan tombol “Control” bersamaan dengan kombinasi tombol Screenshot di atas.
  2. Buka Software yang ingin kamu gunakan untuk menaruh gambar Screenshot.
  3. Tekan tombol “Command”+“V” untuk menaruh atau mempaste hasil tangkapan tersebut.

Demikian artikel kali ini tentang Cara Screenshot di Laptop dengan mudah tanpa Ribet. Jangan lupa untu share juga artikel ini ketemanmu lainya yaa. Terima kasih.

Author

Write A Comment