Cara Setting DNS CloudFlare Tercepat

Ingin merasakan internetan cepat, ngebut dan anti lemot? Berikut cara setting DNS CloudFlare agar internet ngebut, simak ya.

Koneksi yang kamu gunakan terasa lemot? Ingin merasakan seperti apa nikmatnya internetan tanpa lemot? Mungkin, kamu harus menggunakan layanan DNS tercepat dari CloudFlare.

DNS sangat berpengaruh terhadap kecepatan website. Jadi ketika kamu sedang mengakses sebuah website, maka setiap pengunjung yang masuk dihasilkan melalui DNS server.

Walaupun DNS server ini dipegang oleh penyedia ISP, kamu masih tetap bisa menentukan DNS server yang ingin digunakan.

Ada beberapa perusahaan yang menyediakan alternatif DNS atau istilah lainnya adalah DNS resolver. Maka dari itu, kamu bisa mengatur ulang jalur trafik dan hasilnya bisa mempercepat proses pertukaran data, serta meningkatkan tingkat keamanan.

Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan DNS resolver ini adalah CloudFlare. Kini, CloudFlare menyediakan layanan DNS resolver (1.1.1.1) yang dinyatakan sebagai DNS tercepat.

Tak hanya itu, CloudFlare pun berani memberikan jaminan terhadap layanan DNS yang mereka tawarkan jauh lebih aman.

Sebelum membahas lebih dalam lagi mengenai cara setting DNS cloudflare, alangkah baiknya ketahui dulu pengertiannya apa itu DNS?.

Apa itu DNS?

DNS atau istilah lainnya lebih dikenal sebagai domain name server merupakan sistem yang merekam data berbagai macam domain di internet.

Ibaratnya seperti buku, yang mana buku tersebut digunakan untuk mencatat nomor telepon, sedangkan DNS digunakan untuk mencatat semua domain yang terdaftar di Internet.

Setiap website pasti memiliki yang namanya IP Address, dimana IP tersebut digunakan sebagai tanda pengenal alamat web server yang berupa kumpulan angka.

Jika kita ingin mengakses sebuah website, namun harus menuliskan dulu alamat IP-nya, tentu saja hal ini tidak mudah. Kenapa? Karena kita harus menghafalkan seluruh IP website yang ingin kita kunjungi.

Dengan adanya DNS ini lebih memudahkan sistem untuk mencari alamat IP di setiap website yang ada di internet.

Perlu diketahui, DNS server ini ada beberapa nama, yaitu nama domain dan alamat IP yang digunakan. Misal seperti “otonesia.net”

Setelah mengetahui pengertian DNS, alangkah baiknya kamu juga harus berkenalan dengan CloudFlare.

CloudFlare Adalah

Apa itu CloudFlare? Perusahaan pembangunan yang menyediakan layanan CDN “Content Delivery Network”, DDOS “Distributed Denial of Service” dan DNS resolver.

Kini, CloudFlare merupakan layanan terpopuler di seluruh dunia, bahkan penggunanya sudah lebih dari 6 juta website.

Hal ini didukung dengan pembangunan yang tersebar di seluruh dunia. Dukungan tersebut sangat memungkinkan CloudFlare untuk memberikan layanan DNS server yang cepat.

Setelah mengetahui apa itu CloudFlare, mari kita lanjutkan ke pembahasan inti, yaitu cara setting DNS CloudFlare berikut ini.

Cara Setting DNS CloudFlare Windows

Sangat gampang untuk menambahkan DNS tercepat CloudFlare ke perangkat windows, pemula pun bisa melakukannya. Lantas, bagaimana cara setting DNS CloudFlare? Berikut ada beberapa tahapan yang bisa kamu ikuti.

Susunan pengaturannya akan lebih gampang jika kamu menggunakan sistem operasi berbasis Windows. Kenapa demikian? Karena tidak membutuhkan CMD untuk menambahkan DNS tercepat dari CloudFlare.

Untuk caranya, kamu hanya perlu masuk ke dalam pengaturan jaringan, lalu menambahkan IP DNS CloudFlare ke dalamnya.

Berikut panduan yang bisa kamu ikuti.

  • Silahkan masuk ke Akses Control Panel → Network & Sharing Center → Change Adapter Settings.
  • Pilih menu Ethernet/Wifi yang kamu gunakan, lalu klik kanan dan pilih properties.
  • Setelah itu, silahkan pilih versi protokol yang kamu gunakan, lalu klik properties lagi.
  • Klik Use The Following DNS Server Adresses.
  • Apabila kamu menggunakan IPv4, silahkan tambahkan IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1 pada kolom DNS.
  • Untuk pengguna IPv6, kamu bisa menggunakan IP 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001.
  • Langkah terakhir, silahkan simpan susunan tersebut dan klik ok. Lalu, restart ulang jaringan koneksi internet.

Kalimat Penutup: Demikian penjelasan mengenai cara setting DNS CloudFlare di sistem operasi windows. Semoga artikel ini mudah dipahami dan membantu teman-teman untuk mempercepat koneksi internet.

Leave a Reply