Rezeki merupakan rahasia Allah. Setiap manusia yang hidup di muka bumi telah diberikan rezekinya masing-masing oleh Allah. Namun, kadang manusia salah sangka. Manusia menggap rezeki dari Allah hanya berupa nikmat harga.

Padahal, nikmat kesehatan, keturunan, keluarga yang rukun sejahtera, serta mendapatkan sahabat-sahabat yang baik adalah rezeki yang diberikan oleh Allah.

Cara-Melapangkan-Rezeki-Dari-Allah

Rezeki yang diberikan kepada Allah untuk masing-masing orang berbeda-beda. Ada seseorang yang mendapatkan limpahan rezeki dari Allah SWT. Namun sebenarnya, rezeki yang melimpah juga merupakan cobaan dari Allah.

Sebaliknya, ada juga orang yang diuji dengan kekurangan materi. Sesungguhnya berapapun rezeki yang diberikan olehNya harus disyukuri.

Cara Memperluas Rezeki Allah

Allah telah berfirman dalam Al Qur’an bahwa Dia tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum tersebut tidak mau berusaha untuk mengubahnya. Sudah pasti, manusia harus berusaha untuk mendapatkan rezeki dari Allah.

Melakukan jalan pintas dengan meminta sesuatu yang syirik adalah hal yang tidak diperbolehkan. Anda bisa memperluas rezeki Allah dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Memohon Ampun dengan cara beristighfar

Cara pertama untuk memperluas rezeki adalah dengan memohon ampun kepada Allah. Melawan kemaksiatan bisa dilakukan degnan selalu beristighfar memohon ampunan Allah. Dengan memperbanyak melakukan istighfar, maka ini akan menjadi jalan untuk memperluas rezeki.

Perbanyaklah melakukan taubat untuk membantu dibukanya rezeki. Amalan yang paling dijamin oleh Allah untuk memperluas rezeki adalah beristighfar.Dalam Qur’an Surat An Nuh telah dijelaskan bahwa Allah akan memberikan kebaikan dan rezeki yang melimpah untuk hambanya yang mau memohon ampun kepada Allah.

2. Bertakwa kepada Allah

Dalam Qur’an surat Ath Thalaaq dijelaskan bahwa Allah akan memberikan rezeki yang tidak disangka-sangka kepada hamba yang mau bertakwa kepada Allah. Bertakwa kepada Allah artinya mau menjalan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah SWT.

Pemilik rezeki di alam semesta dan Tuhan Pencipta Alam adalah Allah SWT. Jika rezeki yang kita miliki sempit, maka kita harus bertakwa dengan mendekatkan diri kepada Allah. Jika kita mendekatkan diri kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar dan memberikan rezeki yang melimpah.

3. Rajin mendirikan sholat dhuha

Mendirikan sholat dhuha dengan ikhlas hanya dengan mengharapkan ridho Allah SWT adalah salah satu cara untuk mendapatkan rezeki yang luas dan melimpah. Dalam Hadis Riwayat Tirmidzi dijelaskan bahwa Rasul memerintahkan kepada umat islam untuk Sholat Dhuha 4 rakaat, maka Allah pun akan memberikan dan mencukupi kebutuhannya hingga sore hari.

Sholat Dhuha dilakukan pada waktu matahari sedang naik hingga masuk waktu Dhuhur. Sholat ini memiliki hukum sunnah muakad atau sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Menjalankan sholat Dhuha akan menjadi jalan untuk memperluas rezeki untuk kita semua.

4. Menyambung silaturahmi

Menyambung silaturahmi merupakan jalan untuk dibentangkan rezeki kepada seseorang. Tak hanya memperluas rezeki saja, silaturahmi juga dapat memperpanjang usia seseorang.

Menjadi orang yang memiliki banyak saudara merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Menghubungkan silaturahmi tidak hanya akan membuat seseorang akan merasa bahagia. Namun, juga akan mebuat jalan rezeki terbuka dengan lebih luas.

5. Rajin Bersedekah

Sedekah adalah salah satu cara atau amalan untuk menambah rezeki. Bagi siapa saja yang bersedekah di jalan Allah, maka Allah akan melipatgandakan hartanya. Jadi jangan takut untuk bersedekah. Terutama untuk membantu sesama yang sedang kekurangan.

Dengan bersedekah maka akan meringankan orang yang sedang dilanda kekurangan. Jika kita tidak bisa bersedekah harta, maka bantulah dengan tenaga Anda agar bisa meringankan penderitaan atau beban hidupnya.

Bahkan senyum saja sudah termasuk sedekah. Menyingkirkan batu dari jalan juga sudah termasuk sedekah.

6. Berdoa dan bertawakal

Orang yang ingin dekat dengan Allah harus senantiasa berdoa dan bertawakal. Doa merupakan senjata bagi orang yang beriman. Hanya kepada Allah lah kita harus berdoa dan memanjatkan permintaan. Allah pun akan senang dengan hamba-hambaNya yang berdoa kepadanya.

Dalam berdoa kepada Allah, Anda bisa sekaligus untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat tidak hanya akan membuat kita mendapatkan syafaat di hari akhir, namun juga akan membukakan pintu rahmat.

7. Bersyukur

Seseorang yang selalu bersyukur dialah yang paling bahagia. Syukuri semua nikmat yang diberikan oleh Allah seberapapun banyaknya. Jangan pula sombong dengan rezeki yang diberikan oleh Allah. Sebab, apa yang dimiliki ialah hanya titipanNya semata.

Semua rezeki yang diberikan adalah titipan dari Allah. Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan nikmat-nikmat yang diberikan oleh Allah kepada kita semua.

Itulah cara untuk mendapatkan rezeki berlebih. Ingatlah bahwa rezeki dapat datang dari mana saja. Bahkan, dari arah yang tak pernah diduga. Dekatkanlah diri kepada Allah dan Allah pun akan membukakan pintu rezeki yang luas kepada hambanya yang mau berusaha dan berdoa.

Author

Write A Comment