Manusia tidak terlepas dari kesalahan dan dosa, tetapi sebagai umat muslim agar selalu meminta ampunan kepada Allah SWT agar kehidupan di dunia maupun di akhiratnya akan mendapatkan ridho dari-Nya. Salah satu cara memohon ampunan kepada-Nya yaitu dengan doa sayyidul istighfar yang memiliki banyak keutamaannya.

Istighfar

Istighfar adalah salah satu bentuk amalan ibadah yang berupa perbuatan untuk meminta ampunan dari segala perbuatan dan dosa yang telah dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja kepada Allah SWT. Dengan beristighfar maka kita menjadi lebih mengingat-Nya sehingga beristighfar juga menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ketahuilah bahwa setiap umat muslim memang dianjurkan untuk memanjatkan bacaan istighfar setiap hari dari pagi hari hinggi sore hari. Doa tersebut bermakna sebagai permohonan maaf kepada Allah SWT dari segala perbuatan yang dilakukan di waktu pagi hari hingga malam hari. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

مَا اَصْبَحْتُ غُدْوَةً اِلَّا استَغْفَرْتُ اللهَ مِئَةَ مَرَّةً

Artinya :

“Tidak pernah di waktu pagi saya melewati, kecuali saya membaca istighfar 100 kali”.

Ketahuilah bahwa permohonan ampunan Rasulullah SAW kepada Allah juga dilakukan dengan mengucapkan istighfar. Rasulullah bersabda :

اَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم جَمَعَ النَّاسَ فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى اللَّهِ فَإِنِّي أَتُوبُ إِلَى اللَّهِ فِي اليَوْمِ اِلَيْهِ مِئَةَ مَرَّة

Artinya :

Sesungguhnya Rasulullah mengumpulkan manusia dan beliau berseru,”Wahai manusia, tobatlah kalian kepada Allah. Sesungguhnya saya bertobat kepada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali.”

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa Rasulullah mengajarkan untuk bertaubat kepada Allah SWT dengan membaca istighfar sebanyak 100 kali. Dengan membaca doa tersebut maka akan membuat kehidupan Anda menjadi lebih tenang dan damai setiap harinya.

Bacaan Istighfar

Sebagai umat muslim tentunya harus mengatuhui ada beberapa doa istighfar yang baik untuk diamalkan setiap harinya. Jadi, ada doa istighfar dari yang pendek sampai yang panjang. Simak beberapa bacaan doa istighfar di bawah ini.

  • Bacaan Istighfar Singkat

اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ الْعَظِیْمَ

“Astaghfirullah Al Adzim.”

Artinya:

“Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung.”

  • Bacaan Istighfar Panjang

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

“Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih.”

Artinya:

“Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya.”

Kedua doa istighfar tersebut tentunya memiliki makna yang sama yaitu untuk memohonkan ampun kepada Allah SWT dari segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Membaca doa istighfar tersebut dapat dibaca setelah selesai solat fardhu atau solat wajib.

Doa Sayyidul Istighfar

Bacaan istighfar tidak hanya untuk memohonkan ampunan, tetapi bisa juga dibaca saat sedang berkomunikasi dengan saudara muslim lainnya. Apabila seorang muslim saat berkomunikasi dengan orang lain kemudian menjumpai ada kata-kata yang kurang baik maka bisa melafalkan bacaan sayyidul istighfar.

Doa Sayyidul Istighfar ini juga tidak terlepas dari bacaan doa setelah solat wajib karena seorang muslim diharuskan membacanya setelah mengerjakan solat sebagai bentuk bertaubat dengan merendahkan diri kepada-Nya.

Rasululah SAW memberikannya nama Sayyidul Istighfar karena doa tersebut melebihi dari bentuk doa istghfar dari keutamaannya. Jadi kedudukannya lebih tinggi sehingga akan mendatangkan banyak kebaikan. Perbedaannya tentunya terletak dari bacaannya, ini dia bacaan doa Sayyidul Istighfar.

Bacaan Doa Sayyidul Istighfar

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

 “Allahumma Anta Rabbii Laa Ilaaha Illaa Anta Khalaqtnii Wa Anna ‘Abduka Wa Anaa ‘Alaa ‘Ahdika Wa Wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu Bika Min Syarri Maa Shana’tu Abuu u Laka Bini’ Matika ‘Alayya Wa Abuu-uBidzanbii Faghfir Lii Fa Innahu Laa Yagfirudz Dzunuuba Illa Anta”

Terjemahannya:

Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji -Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku,  Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

Keutamaan Doa Sayyidul Istighfar

Dengan membaca doa sayyidul istighfar maka akan mendatangkan kemuliaan dari Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam hadist di bawah ini.

من قالها من النهار موقنا بها فمات من يومه قبل أن يمسي فهو من أهل الجنة و من قالها من الليل و هو موقن بها فمات قبل أن يصبح فهو من أهل الجنة

Artinya :

Barangsiapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum shubuh maka dia termasuk penduduk surga. (HR. Al-Bukhari).

Makna Doa Sayyidul Istighfar

Ada banyak makna mendalam dalam doa Syyidul Istighfar, Berikut ulasannya yang kami kutip dari Fahmipedia.

  1. Mendapatkan Janji Allah SWT

Salah satu makna dari sayyidul istighfar yaitu akan mendapatkan janji Allah SWT. Apa itu janji dari Allah SWT? Seperti yang dijelaskan dalam hadist sebelumnya bahwa orang yang membaca doa tersebut di pagi hari dan sore hari maka dia termasuk menjadi penduduk surga.

  1. Diampuni Dosa-Dosanya

Jadi, ketika kita membaca doa istighfar juga bisa mengampuni dosa-dosa kita dari kesalahan yang kita lakukan. Dengan demikian maka doa tersebut wajib dibaca ketika selesai solat fardhu. Setiap manusia pastinya tak pernah terlepas dari kesalahan di setiap waktunya sehingga harus memohonkan ampunan kepada-Nya agar hatinya selalu merasa lebih tenang.

  1. Bentuk Mengingat Allah SWT

Berikutnya, makna dari doa sayyidul istighfar yaitu sebagai bentuk mengingat Allah SWT. Jadi, sebagai umat muslim yang menyadari kebesaran dan kekuasaan-Nya maka harus selalu memohonankan ampun agar selalu mendapatkan kemuliannya dijauhkan dari hal buruk baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat.

  1. Menyadari Kesalahan yang Diperbuat

Ketika melafalkan doa sayyidul istighfar juga menjadi salah satu bentuk dalam menyadari kesalahan yang diperbuat. Dengan demikian maka akan semakin menyadarkan diri sendiri untuk selalu berbuat baik menjalankan perintah dari Allah SWT kemudian menjauhi segala larangan-Nya.

  1. Bertaubat

Dengan membaca doa sayyidul istighfar dengan penuh keyakinan maka akan menjadi salah satu bentuk bertaubat umat islam sehingga akan mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT dalam kehidupan yang lebih baik di dunia maupun di akhirat.

Janganlah lupa untuk membaca doa sayyidul istighfar setiap harinya sebagai salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT kemudian memohonkan ampunan kepada-Nya.

Author

Write A Comment