Bisnis rumahan adalah usaha bisnis yang dijalankan di rumah. Saat ini kebutuhan sehari-hari yang semakin banyak, memaksa orang untuk mencari penghasilan tambahan. Jika anda bekerja di suatu perusahaan, penghasilan anda kemungkinan tidak cukup, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha atau berbisnis.

Menjalankan bisnis melalui rumah bisa menjadi pilihan anda yang sibuk di kantor, namun tetap ingin dekat dengan keluarga. Dengan membuka usaha di rumah, waktu anda dengan keluarga tidak akan berkurang. Berikut ini adalah ide bisnis yang bisa dijalankan di rumah yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat.

Catering

Salah satu usaha yang bisa dijalankan di rumah adalah Catering. Anda bisa melihat catering-catering besar yang terkenal saat ini berawal dari sebuah usaha rumahan. Memulai usaha catering bisa diawali dengan skala kecil seperti pembuatan bekal untuk anak sekolah, makan siang karyawan atau pesanan acara syukuran.

Usaha catering ini lebih cocok bagi anda yang memiliki minat di bidang kuliner. Cukup menggunakan dapur rumah anda sebagai tempat awal menyusun pesanan, maka Catering adalah salah satu usaha rumahan yang cukup menjanjikan pada saat ini.

Warung Makan atau Rumah Makan

Usaha kuliner yang lain yang patut dicoba adalah membuka warung makan atau rumah makan. Anda bisa memanfaatkan sebagian ruangan di rumah untuk dijadikan tempat makan. Bila rumah anda terletak di pinggir jalan raya, maka peluangnya akan lebih besar bisnis anda akan berkembang. Usaha ini cocok untuk ibu rumah tangga yang gemar memasak dan mencoba resep makanan.

Sebelum membuka usaha warung makan, sebaiknya anda kenali dahulu target pasar anda. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu makanan apa yang sepertinya belum ada di daerah anda dan punya ciri khas baik itu rasa atau penampilannya. Jika produk anda sudah dikenali oleh masyarakat sekitar, barulah mereka akan mengunjungi tempat makan yang anda buka.

Laundry

Bisnis rumahan selanjutnya yang cukup menjadi primadona adalah Laundry. Orang-orang membutuhkan jasa pencucian dan penyetrikaan baju di jaman yang semakin modern ini. Apalagi jika anda tinggal di daerah yang banyak terdapat kos-kosan mahasiswa atau anak sekolah. Kesibukan menuntut ilmu, membuat anak-anak kosan memilih jalan praktis dengan memanfaatkan jasa laundry untuk mencuci pakaian.

Usaha laundry tidak membutuhkan lahan banyak sehingga sangat cocok jika dijalankan di rumah. Selain itu, modal yang diperlukan tidak banyak. Anda bisa memulia dengan satu mesin cuci terlebih dahulu, setrika dan label laundry.

Cuci Mobil dan Cuci Motor

Usaha yang bisa dimulai di rumah selanjutnya adalah cuci mobil dan cuci motor. Anda hanya perlu mengalokasikan halaman depan rumah anda untuk membangun sebuah tempat cuci motor dan cuci mobil. Jika modal anda tidak banyak, sebaiknya mulai dengan cuci motor terlebih dulu karena tidak membutuhkan lahan yang begitu besar.

Pemilik kendaraan bermotor saat ini memilih jalan praktis untuk membuat kendaraannya tetap terlihat bersih, yakni dengan membawanya ke tempat pencucian motor atau mobil. Anda bisa mengambil peluang tersebut sebagai usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan.

Penyewaan Kamar

Usaha penyewaan kamar juga menjadi salah satu usaha kekinian yang mulai dilirik. Jika anda memiliki kamar yang tidak terpakai atau sisa, anda bisa menyulapnya untuk disewakan tamu. Anda bisa menyewakannya sebagai kamar kos untuk harian atau bulanan, atau tempat penginapan berbayar untuk menjangkau beberapa tempat di sekitar wilayah anda.

Bila anda tinggal di kota-kota yang memiliki banyak destinasi wisata seperti Yogyakarta, Semarang, Bandung, Surabaya dan Bali, peluang tersebut bisa anda ambil untuk mengambil keuntungan dari penyewaan kamar. Anda juga bisa mempromosikannya melalui situs dan aplikasi penyewaan kamar seperti airy room atau airbnb.

Ide-ide soal bisnis rumahan kekinian telah kita sebutkan di atas. Kelima contoh usaha di atas bisa anda coba buka di rumah. Bila usaha anda sudah berkembang, anda bisa mengembangkan lagi usaha anda dengan membuka website. Selanjutnya anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk menulis produk-produk usaha di website anda.

Author

Write A Comment