Keripik lidah buaya adalah cemilan asik yang bisa disantap saat menonton TV ataupun saat berkumpul bersama anggota keluarga. Lidah buaya (aloe vera) adalah tanaman yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan kini tersebar luas di seluruh dunia dengan berbagai spesies lidah buaya yang ada.

Seiring berjalannya waktu lidah buaya kini telah dibuat menjadi berbagai olahan makanan yang lezat, salah satunya yaitu keripik lidah buaya ini. Hal tersebut bukan karena kandungan manfaat yang terdapat dalam lidah buaya tapi juga karena rasa keripik lidah buaya yang renyah dan krispi.

Sehingga tidak heran jika sekarang banyak sekali keripik lidah buaya ditemukan dengan berbagai brand. Bagi kalian yang ingin merasakan keripik lidah buaya selain bisa kalian dapatkan dengan membelinya, kalian juga bisa membuat keripik lidah buaya sendiri di rumah. Nah, bagaimana caranya? untuk membantu kalian dalam membuat keripik lidah buaya disini saya akan berikan langkah pembuatan dan resep keripik lidah buaya yang renyah dan krispi.

Pembuatan Keripik Lidah Buaya

keripik lidah buaya
nursaidr.com

Proses pembuatan keripik lidah buaya dilakukan secara sederhana agar mudah di tiru oleh masyarakat. Langkah-langkah pembuatan keripik lidah buaya yaitu sebagai berikut:

  1. Pengumpulan :Langkah pertama untuk membuat sebuah produk adalah mengumpulkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat yang diperlukan antara lain, pisau gerat, tempat untuk menjemur, mangkuk, kompor, wajan, dan pengaduk. Sedangkan bahan yang diperlukan antara lain, daun lidah buaya yang berukuran sedang, dan bahan-bahan pendukung lain seperti tepung terigu, telur, garam, minyak goreng, dan perisa makanan secukupnya.
  2. Pengambilan Daging: Daun lidah buaya yang telah dibersihkan, dibelah menjadi dua (2) bagian untuk mempermudah pengambilan daging dari daun. Setelah terlepas dari kulit luar, daging lidah buaya yang berwarna putih dibersihkan dengan air bersih yang mengalir pastikan lendirnya hilang dan di iris tipis dengan ukuran 1 cm x 4 cm.
  3. Pengeringan: Daging buah yang telah di bersihkan dan diiris tipis selanjutnya dijemur secara konvensional di bawah terik matahari selama kurang lebih 6 jam hingga irisan lidah buaya yang basah menjadi kering.
  4. Pencampuran: Kemudian setelah irisan lidah buaya kering, balutlah dengan tepung terigu lalu celupkan ke dalam putih telur dan balut kembali menggunakan tepung terigu. Hal ini bertujuan agar hasil keripik lidah buaya yang crispy.
  5. Penggorengan: Panaskan minyak goreng lalu masukkan irisan lidah buaya yang sudah dibalut tepung. Goreng hingga kekuningan. Lalu tiriskan. Proses ini dilakukan dengan cara deep frying. Tambahkan perisa makanan sesuai selera secara merata. Perisa makanan yang akan ditambahkan bisa berupa garam, barbeque, jagung, keju, dan lain-lain.

Bahan-bahan Keripik Lidah Buaya

lidah buaya segar untuk keripik
ecoagricultor.com

Sebelum membuat keripik lidah buaya, silahkan siapkan dulu bahan-bahan berikut ini:

  • 2 kg lidah buaya segar.
  • 250 gram tepung beras.
  • 150 gram margarin.
  • 2 siung bawang putih, haluskan.
  • 3 sendok makan ketumbar, tumbuk kasar.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 750 gram tepung tapioka.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Air secukupnya.

Langkah-langkah Membuat Keripik Lidah Buaya

resep keripik lidah buaya
ikoma.co.id

Jika bahan-bahan sudah terkumpul, selanjutnya kita mulai proses pembuatan keripik lidah buaya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama kupas lidah buaya, buang lendirnya lalu cuci dibawah air mengalir sampai bersih.
  2. Lalu campurkan seluruh bahan dalam sebuah wadah kecuali air lalu aduk – aduk sampai rata.
  3. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan sedikit kental.
  4. lalu tuangkan adonan ke dalam loyang (usahakan loyang yang digunakan tidak terlalu besar atau tebal agar mudah matang).
  5. Selanjutnya kukus sampai adonan matang.
  6. Angkat adonan kemudian Iris tipis – tipis adonan.
  7. Kemudian, jemur adonan di bawah sinar matahari langsung sampai kering dan mengeras.
  8. Selanjutnya panaskan minyak goreng dalam panci lalu goreng keripik sampai mengembang.
  9. Setelah itu, angkat keripik dan dinginkan.
  10. Keripik siap dinikmati atau disimpan dalam toples kaca kedap udara setelah keripik lidah buaya benar-benar dingin.

 

Nah itu dia guys sedikit pembahasan mengenai keripik lidah buaya ini. Semoga bermanfaat.

 

Author

Write A Comment