Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Ingin tahu manfaat berpuasa? Berikut adalah penjelasan tentang manfaat berpuasa di bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia bagi umat muslim. Di bulan ini, semua amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya. Nah, dalam bulan ini pula umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Rasulullah SAW bersabda tentang berpuasa dalam bulan suci Ramadhan, “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya pada masa lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari).

Berpuasa pada bulan suci Ramadhan memiliki banyak sekali manfaat, selain diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, juga akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan untuk Kesehatan

Melaksanakan puasa pada bulan Ramadhan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk pembahasa lengkapnya mengenai hal ini silahkan kunjungi https://www.dakwahdaily.com. Apa sajakah itu manfaat berpuasa? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Mencegah Kanker

Sebuah penilitian menyatakan bahwa dengan berpuasa dapat mencegah pembentukan tumor dalam tubuh serta meningkatkan efektivitas obat kemoterapi saat menjalani pengobatan kanker.

2. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa berpuasa bisa meningkatkan kadar HGH secara alami dalam tubuh. Human Growth Hormone (HGH) merupakan jeni protein yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan. Hormon ini juga memiliki peranan penting dalam metabolisme, meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan berat badan.

HGH juga bisa mempertahankan kadar gula darah serta insulin dalam tubuh menjadi lebih stabil.

3. Menurunkan Berat Badan

Rutin melaksanakan puasa akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat sehingga membuat kadar neurotransmitter norepinefrin juga meningkat. Hal tersebut sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa juga bisa membuat seseorang tidak mudah terkena penyakit alzhaimer serta Parkinson. Rutin berpuasa akan membuat fungsi otak menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Hingga saat ini, serangan jantung masih menjadi penyakit pertama yang paling mematikan di dunia. Untuk bisa menghindari penyakit tersebut ialah dengan mengubah pola makan dan juga kebiasaan. Berpuasa memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, trigliserida serta tekanan darah dalam tubuh.

6. Mengurangi Peradangan pada Tubuh

Peradangan kronis akan menyebabkan terjadinya multiple scelrosis yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Akan tetapi, resiko tersebut bisa diturunkan jika Anda rutin berpuasa yang bermanfaat untuk menurunkan peradangan.

7. Mengontrol Gula Darah

Saat berpuasa, maka seseorang akan membatasi jumlah kalori dalam tubuhnya, sehingga gula darah dalam tubuh pun menjadi lebih terkontrol.

Manfaat puasa yang satu ini tentu sangat baik bagi penderita diabetes. Puasa membuat resistensi insulin menjadi berkurang. Hal tersebut membuat darah bisa mengangkut glukosa ke sel dengan lebih efisien dan menghindari lonjakan ataupun penurunan gula darah.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Setiap orang harus memiliki kekebalan tubuh yang baik agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Berpuasa dapat meningkatkan sel-sel getah bening dan membuatnya 10 kali lipat lebih baik sehingga kekebalan tubuh Anda pun menjadi semakin baik.

9. Membantu Regenerasi Sel

Pada saat melaksanakan ibadah pausa, sel-sel yang ada di dalam tubuh melakukan proses pembaharuan (regenerasi) dengan baik. Tak heran, jika rutin berpuasa akan membuat Anda menjadi awet muda.

10. Detoksifikasi Tubuh

Tubuh yang terlalu sering terpapar zat buruk baik di udara atau dalam makanan akan mengendapkan racun di dalam tubuh. Dengan berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi dengan membuang racun yang tidak dibutuhkan.

Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Akan tetapi, alangkah baiknya jika berpuasa diniatkan untuk mengharap pahala dan ridho dari Allah SWT.

Leave a Reply