Di zaman yang serba digital sekarang, platform media sosial selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini pun membuat berbagai media-media soial baru terus bermunculan hingga akhirnya membuat daftar media sosial terpopuler di dunia.

Di Indonesia sendiri, kita juga sangat lazim menggunakan berbagai macam media sosial. Tak hanya untuk aktualisasi diri dan sarana mencai hiburan, pasalnya media sosial juga bisa dijadikan sebagai media bersilaturahmi bahkan mencai uang.

Berdasarkan data penelitian yang dihimpun oleh We Are Social pada tahun 2020 lalu, pengguna Indonesia dengan usia 16 sampai 64 tahun menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 26 menit per hari untuk mengakses media sosial.

Angka pengguna media sosial di Indonesia juga terus meningkat. Sekitar 59% atau 160 juta dari 272,1 juta total penduduk Indonesia adalah seorang pengguna aktif media sosial. Angka ini juga meningkat lebih dari 8 persen atau sama dengan 12 juta pengguna dari bulan April 2019.

Lalu, 99% pengguna media sosial dari Indonesia tadi mengakses media sosial melalui perangkat ponsel mereka. Wah fakta yang cukup menarik yah.

Lantas, kira-kira apa saja sih media sosial terpopuler di dunia yang digunakan orang-orang? Simak daftarnya berikut ini yang dihimpun dari Sensor Tower!

1. TikTok

TikTok, Media Sosial Terpopuler

Posisi media sosial paling populer pertama di dunia ditempati oleh TikTok. Meski terbilang baru, namun TikTok terbukti dapat menarik minat para pengguna media sosial di tengah-tengah gempuran Instagram dan YouTube.

Menurut jumlah unduhannya baik di Google Play Store maupun App Store, platform media sosial berbagi video singkat dengan efek dan filter lucu ini sekarang menjadi medsos yang paling cepat pertumbuhannya. Di internet, jumlah pengguna yang download video TikTok juga terus meningkat seiring waktu.

Berdasarkan data riset dari Sensor Tower tahun 2020, jumlah pengguna TikTok mencapai angka lebih dari 300 juta pada kuartal pertama dan kedua tahun itu.

2. Facebook

Facebook, Media Sosial Terpopuler

Pelopor media sosial sejak dulu ini masih menunjukkan gaungnya sebagai medsos paling populer dan banyak digunakan orang dari belahan dunia mana pun.

Ya, Facebook masih populer hingga sekarang. Media sosial berbagi status, gambar, video, hingga konten-konten lainnya ini masih menjadi favorit banyak orang. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya fitur yang disediakan. Kini, Facebook bahkan juga bisa dijadikan sebagai tempat berjualan layaknya marketplace.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Facebook pada kuartal kedua tahun 2020, mereka memiliki pengguna aktif bulanan hingga 2,7 miliar orang. Sementara di Indonesia, ada sekitar 115 juta orang yang merupakan pengguna Facebook.

3. Instagram

Instagram, Media Sosial Terpopuler

Platform media sosial visual, Instagram, merupakan medsos terpopuler ketiga di dunia. Tak ayal, medsos yang juga merupakan bagian dari Facebook ini memiliki pengguna aktif lebih dari 1 miliar orang per bulannya. Hal ini sekaligus menjadikan Instagram sebagai media sosial visual terbesar di dunia.

Instagram tidak hanya sekadar platform berbagi foto dan video biasa, karena di dalamnya orang bisa menyampaikan segala pesan dan ekspresinya melalui fitur stories yang dilengkapi berbagai filter unik juga. Filter-filter dan fitur-fitur baru yang dibawanya juga kian membuat orang-orang menaruh minat untuk menginstall Instagram.

4. Snapchat

Snapchat, Media Sosial Terpopuler

Pernah dengar Snapchat? Mungkin tidak semua orang di Indonesia mengetahui media sosial yang satu ini. Tapi, jangan salah, karena Snapchat masuk ke dalam jajaran media sosial terpopuler di dunia.

Snapchat adalah aplikasi perpesanan mobile yang anti-mainstream karena para penggunanya bisa saling mengirim foto atau video, kemudian akan terhapus beberapa detik setelahnya.

Konsep ini tentu sedikit berbeda dengan media sosial pada umumnya. Penggunanya juga bisa menjadi lebih kreatif lagi dengan menambahkan teks atau filter-filter lucu pada foto/video yang dikirimnya.

Berdasarkan data yang dikemukakan We Are Social 2020, Snapchat memiliki pengguna bulanan lebih dari 300 juta orang.

5. Likee

Likee, Media Sosial Terpopuler

Setelah TikTok mengguncangkan dunia dengan perkembangan pesatnya, maka platform media sosial serupa semakin marak bermunculan, salah satunya adalah Likee. Mirip-mirip seperti TikTok, Likee adalah platform berbagi video pendek ke sesama penggunanya.

Dibuat pada tahun 2017, aplikasi yang masih di bawah naungan Bigo Technology dari Singapura ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video singkat yang kreatif dengan lebih dari 2000 efek video yang tersedia.

Kini, Likee sudah tersedia di Google Play Store dan App Store di lebih dari 200 negara termasuk Indonesia, Amerika Serikat, Rusia, dan Brasil. Sementara itu, penggunanya sendiri sudah mencapai angka lebih dari 150 juta orang di seluruh dunia.

Demikian lah ulasan mengenai lima media sosial terpopuler di dunia. Apakah media sosial favoritmu ada pada daftar di atas? Kasih tau di kolom komentar ya!

Author

Write A Comment