Selain harus menggunakan bahan bakar, sepeda motor juga memerlukan cairan pelumas mesin atau yang biasa disebut dengan oli. Fungsi oli pada motor yakni sebagai bahan pelumas agar mesin berjalan mulus dan bebas gangguan. Sekaligus berfungsi sebagai pendingin dan penyekat.

Oli mengandung lapisan-lapisan halus, berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, mencegah goresan atau keausan.

Untuk penggantian/perawatan oli mesin biasanya ada buku panduan servis umumnya tertera ganti oli motor setiap 4.000 km atau 4 bulan tergantung mana yang dicapai lebih dahulu. Tapi kalau mengikuti anjuran mekanik bengkel resmi atau non-resmi, sebaiknya ganti oli setiap 2.000 km atau sebulan sekali.

Namun, masih banyak yang kebingungan dalam menentukan oli motor terbaik untuk tunggangan kesayangan mereka dalam segi jenis dan kegunaannya. Memang kita harus melihat dulu spesifikasi oli mesin yang cocok dengan kendaraan kita karena akan berakibat fatal pada mesin bila salah menggunakan oli.

Oleh karena itu kami akan memberikan beberapa rekomendasi oli motor terbaik dari berbagai merek terkenal.

TOP 1 Action matic series

oli motor terbaik
semisena.com

mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan matic, selain mudah untuk digunakan motor matic juga memberikan kenyamanan kepada pengendara nya.

Untuk menjaga performa motor matic tetap dalam kondisi terbaik, gunakan oli dengan bahan dasar synthetic terbaik seperti oli TOP1 Action Matic, karena oli TOP 1 Action Matic telah teruji kualitasnya oleh ratusan komunitas motor matic di Indonesia.

Ada beberapa keunggulan dari TOP 1 Action Matic. Contohnya oli motor matic terbaik ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih halus karena diformulasikan dengan smooth riding additive. Oli ini sangat cocok untuk motor matic yang kerap kali terjebak kemacetan dan melalui kondisi jalanan perkotaan yang tak menentu.

AHM Oil

merupakan salah satu oli motor terbaik di Indonesia dari segi kualitas dan harga. Di produksi oleh PT. Astra Honda Motor yang ditujukan untuk khusus motor keluaran Honda, baik matic maupun motor bebek. Tidak menutup kemungkinan jika motor keluaran pabrikan lain menggunakan oli ini karena dilihat dari spesifikasi nya.

Castrol Oil

Memiliki spesifikasi yang bagus, serta kualitas yang baik membuat Castrol Oil masuk kedalam list oli motor terbaik. Sejatinya oli castrol ini diperuntukkan untuk sepeda motor dan ada juga yang dikhususkan untuk mobil. Contoh jenis oli untuk motor adalah Castrol Power 1 Racing 4T yang memiliki teknologi –teknologi modern sehingga mampu meningkatkan kualitas mesin anda.

Shell

Shell merupakan merek oli motor ternama dunia dengan memberikan kualitas yang sangat baik sehingga sangat pas dan cocok untuk motor anda. dibuat dengan teknologi-teknologi yang modern dengan tingkat kekentalan yang pas, sehingga mampu membuat kinerja mesin motor anda menjadi lebih optimal.

Repsol

mungkin kalian sudah sering dengar dengan produk yang satu ini. Repsol merupakan merk oli motor terbaik yang juga satu pabrikan dengan AHM Oil. Selain kualitas dan tingkat kekentalan yang baik, ternyata eksistensi dari oli Repsol ini telah terkenal hingga ke mancanegara.

Pertamina

Dari nama merk nya pasti kita tahu bahwa oli ini produkan siapa juga tidak hanya satu merk oli melainkan ada Pertamina Enduro, pertamina Fastron dan juga Pertamina Mesran. Dengan banderolan harga jual yang cukup terjangkau.

Itulah beberapa jenis oli motor terbaik yang dapat kami rangkum dan rekomendasikan untuk kalian agar menggunakan oli yang tepat supaya mesin akan lebih awet dan terawat dan juga tidak gampang terkena gesekan-gesekan antar mesin yang mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Author

Write A Comment