Kabupaten Pemalang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah kota Pemalang. Kabupaten ini berbatasan dengan laut Jawa di utara, Pekalongan di timur, Purbalingga di selatan, serta Kabupaten Tegal di barat.

Sungai Comal merupakan sungai terbesar yang mengalir melalui tujuh lokasi kecamatan di Kabupaten tersebut, dan bermuara di Tepi Laut Jawa tepatnya di Pemalang. Dengan kondisi situs yang subur membuat Pemalang memiliki banyak destinasi alam yang cukup menarik. Salah satunya Pemandian Moga, Gunung Gajah, Bukit Samoa, Pantai Widur, Agrowisata Kebun Teh Semugih dan masih banyak lagi.

Berwisata ke Jawa Tengah kurang lengkap jika tidak mampir ke tempat wisata pantainya. Selain pantai Ayah di Kebumen atau pantai Teluk Penyu di Cilacap, masih ada lagi pantai indah yang juga layak dikunjungi di Pantai Widur di Pemalang. Menurut Sudutnusantara.com, ini adalah tempat wisata di Pemalang terhits, terbaru, dan terbaik lho!

Pantai Widuri di Pemalang Jawa Tengah

Keindahan Pantai Widuri

Pantai Widur merupakan pantai yang terletak di Desa Widuri maka dinamakan Pantai Widuri. Mengenal masyarakat sekitar seperti Cilincing. Desa Widuri terletak di Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Sebelah barat Desa Sugih Waras (Tanjung Sari), Timur Desa Dana Sari, Sebelah selatan Desa Pelutan, dan Sebelah Utara Laut Jawa.

Di pantai Widuri wisatawan dapat menikmati panorama indah dari hamparan pantai yang tidak begitu luas, namun di pantai tersebut di tumbuhi pepohonan besar yang telah berumur puluhan tahun. Di sekitar pantai ini bisa saja terdapat sebagian besar tempat duduk untuk menikmati keindahan pantai serta menikmati matahari terbit dan terbenam.

Tempat wisata ini dikelilingi tembok-tembok pembatas jika dihitung kurang lebih luasnya di dalam Area 10 hektar saja. Fantastis!

Di tempat ini juga telah tersedia semacam objek wisata berupa kuliner hasil tangkapan laut, arena bermain anak, panggung pertunjukan musik, lapangan tenis hingga sirkuit balap motor. Pantai Widuri memiliki trotoar sepanjang 500 meter.

Di tepi pantai yang sering digunakan untuk jogging, dan beberapa momen tertentu. Selain itu, di sekitar pantai ini juga terdapat tempat wisata air yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga secara berbarengan.

Duduk berteduh di bawah pepohonan cemara sambil menikmati semilir angin betapa mengasyikkannya. Ditambah dengan jajanan murah atau tempe goreng, tempe mendoan dan segelah es teh terasa lebih enak. Ombak yang bergemuruh menambah sensasi bersantai di pantai.

Pantai Widuri juga memiliki keunikan yaitu selain pantainya yang indah juga menawarkan pemandangan matahari terbenam (sunset saat senja) dan sunrise (saat matahari terbit di pagi hari).

Wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam pantai dan ratusan pohon berukuran besar secara mentah dengan usia ratusan tahun di bibir pantai ini.

Keberadaan pohon-pohon besar tersebut justru menambah keindahan pemandangan alam dan kesejukan udara pantai yang setiap saat bertiup serta semakin memanjakan para wisatawan yang datang ke lokasi ini.

Di objek wisata Pemalang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, lapangan tenis, panggung hiburan, gaebo dan arena bermain anak.

Lokasi Wisata Pantai Widuri di Pemalang

Pantai Widuri Terletak di Desa Widur, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah.

Legenda Pantai Widuri Pemalang

Nama tersebut diambil dari legenda Nyi Widuri seorang cantik yang tinggal di desa yang kini dikenal dengan desa Widuri. Jika kamu berada di Ibukota Pemalang tepatnya di alun-alun kota Pemalang usahakan menghadap ke utara akan ada jalur lurus dari depan Kabupaten menuju ke pantai widuri.

Konon menurut legenda Pemalang jalan lurus yang mereka buat sebelumnya oleh seorang Patih yang sakti dan jika diperintah selalu menjawab sampun (bahasa Jawa) atau sudah dilaksanakan. Sang duke akhirnya dikenal dengan nama duke sampun.

Tiket Masuk

Untuk memasuki pantai ini pengunjung akan mengenakan tarif Rp 3.000,- setiap orang pada hari Senin-Jum’at dan Rp 5.000,- tiap orang pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur. Sesaat memasuki lokasi kamu akan memakai Widuri Waterpark dikenai biaya Rp 15.000.

Avatar
Author

Write A Comment