Pencemaran udara adalah suatu kondisi dimana udara mengandung senyawa-senyawa kimia maupun biologi dalam jumlah yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia, hewan atau tumbuhan. Selain buruk bagi kesehatan, pencemaran udara juga bisa merusak kenyamanan dan keindahan alam atau bahkan merusak barang-barang perkakas (properti)

Macam-Macam Pencemaran Udara

Ada 2 macam pencemaran udara, yaitu :

1. Pencemaran Udara Primer

Pencemaran udara primer disebabkan langsung oleh sumber pencemaran. Contohnya , peningkatan kadar karbon dioksida yang disebabkan oleh aktivitas pembakaran yang dilakukan manusia.

2. Pencemaran Udara Sekunder

Pencemaran udara ini terjadi karena reaksi antara substansi pencemaran udara primer yang terjadi di atmosfer. Misalnya, pembentukan ozon yang terjadi dari reaksi kimia partikel-partikel yang mengandung oksigen di udara.

Penyebab Pencemaran Udara

Beberapa kegiatan dari manusia atau alam menghasilkan senyawa-senyawa gas yang dapat membuat udara tercemar. Berikut adalah penyebab pencemaran udara

Aktivitas Alam

Aktivitas alam dapat membuat pencemaran udara. Contohnya, bencana alam seperti gunung meletus dapat menghasilkan abu vulkanik yang mencemari udara sekitar yang berbahaya bagi tumbuhan, hewan dan manusia. 

Contoh lain pencemaran udara adalah kebakaran hutan. Kebakaran hutan yang terjadi akan menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah banyak dapat mencemari udara dan berbahaya bagi kesehatan hewan dan manusia.

Aktivitas Manusia

Berikut ini merupakan pencemaran udara yang diakibatkan oleh aktivitas manusia :

  • Pembakaran sampah.
  • Asap-asap industri.
  • Asap kendaraan.
  • Asap rokok.
  • Senyawa kimia buangan seperti CFC dan lain-lain.

Dampak Pencemaran Udara

Pencemaran udara mengakibatkan banyak kerugian bagi organisme penghuni bumi. Dampak dari pencemaran udara antara lain bagi kesehatan, tumbuhan, rusaknya lapisan ozon, dan efek rumah kaca.

Kesehatan

Kualitas udara yang menurun akibat pencemaran dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu contohnya penyakit ISPA atau infeksi saluran pernafasan. 

Bagi Tumbuhan

Abu vulkanik akibat gunung meletus membuat udara menjadi tercemar dan memicu terjadinya hujan asam. Hujan asam mengandung senyawa sulfur yang bersifat asam. Kondisi asam ini dapat mematikan tumbuhan setempat. Oleh karena itu kita sering menjumpai tanaman mati yang begitu banyak akibat hujan asam atau abu vulkanik.

Efek Rumah Kaca

Konsentrasi karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer akan memicu terjadinya efek rumah kaca, yaitu peningkatan suhu bumi. Karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO) akan membentuk semacam lapisan yang akan menahan panas bumi keluar, sehingga panas yang ditimbulkan bumi akan terkungkung di dalam seperti pada rumah kaca.

Rusaknya Lapisan Ozon

CFC adalah senyawa yang sering digunakan dalam produk-produk pendingin (AC, freezer) dan aerosol. CFC yang terurai di atmosfer akan memicu reaksi dengan oksigen penyusun ozon. Dengan demikian ozon akan terurai dan menyebabkan lapisan ozon berlubang. Padahal lapisan ozon berfungsi sebagai pelindung Bumi dari panasnya sinar matahari.

Author

Write A Comment