Perbedaan atom dan molekul cukup banyak, mulai dari pengertian, eksistensi, ikatan, bentuk, reaktivitas, visibilitas, dan masih banyak lagi. Namun sejatinya molekul adalah atom yang menyatu atau terikat satu sama lain.

Jadi atom dikelompokkan bersama untuk membentuk menjadi molekul. Molekul ini dapat mewujudkan benda – benda yang ada di sekitar kita.

Karena seluruh alam semesta terdiri dari atom yang akan menyatu atau terikan menjadi molekul dan menjadi bendaa tersebut.

Pengertian Atom dan Molekul

1. Atom

Atom adalah partikel kecil dari unsur kimia, yang ada atau tidak ada secara independen. Karena partikel atom sangatlah kecil maka partikel – partikel ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang atau bahkan dengan bantuan alat pembesar seperti mikroskop.

Atom terdiri dari nukleus (proton dan neutron) dan electron yang ada dalam keadaan bebas dan mengandung semua sifat kimia.

Proton dan neutron yang berkelompok di tengah atom memiliki massa yang hampir sama, namun muatannya bervariasi atau berbeda. Proton dan neutron ini terdiri dari unsur penyusun yaitu quark dan gluon.

Contoh :Li, O, N, H, He, dan yang lainnya.

Atom berbentuk bulat dan tidak dapat dibagi menjadi sub atom. Atom sangat reaktif namun tergantung pada pengecualian tertentu.

Karena atom berpartisipasi dalam reaksi kimia tanpa adanya dekomposisi tambahan ke dalam unit subatomik. Namun tidak berlaku untuk atom gas mulia.

Karena atom mengandung daya tarik elektrostatik antara nukleus dan elektron maka atom memiliki ikatan yang disebut sebagai ikatan nuklir.

2. Molekul

Molekul adalah sekumpulan atom yang disatukan oleh suatu ikatan yang dapat menunjukkan satuan terkecil dari senyawa.

Karena molekul merupakan atom yang saling menyatu dan terikat molekul dapat dilihat dengan bantuan alat pembesar seperti mikroskop namun tetap tidak terlihat dengan mata telanjang.

Molekul terdiri dari dua atau lebih atom identik atau atom berbeda yang terikat secara kimiawi. Jika satu atau lebih atom identik yang saling terikat secara independen maka ia disebut dengan molekul satu elemen.

Dan jika satu atau lebih atom berbeda yang saling terikat bersama dalam proporsi tetap secara massa maka ia disebut dengan molekul senyawa.

Contoh : H2O, CO2, CH4, NO2, dan yang lainnya.

Jadi, jika dua atau lebih atom dikelompokkan menjadi satu kesatuan maka ia akan membentuk molekul dengan bantuan ikatan kovalen.

Molekul dapat berbentuk segitiga, segiempat, linier, maupun bersiku dan dapat dibagi menjadi atom individu. Namun molekul relatif kurang reaktif, karena molekul tidak berperan dalam reaksi kimia.

Ikatan molekul adalah ikatan kimia yaitu ikatan antara atom-atom molekul sehingga dapat mencakup ikatan tunggal, ganda, atau bahkan tiga.

Perbedaan Atom dan Molekul

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan atom dan molekul maka sudah kami rangkumkan dari website Yuksinau.id di dalam tabel berikut ini.

Perbedaan Atom dan Molekul
PembedaAtomMolekul
PengertianAtom adalah partikel kecil dari unsur kimia, yang ada atau tidak ada secara independen.Molekul adalah sekumpulan atom yang disatukan oleh suatu ikatan yang dapat menunjukkan satuan terkecil dari senyawa.
Terdiri dariNukleus (proton dan neutron) dan electronDua atau lebih atom identik atau atom berbeda yang terikat secara kimiawi.
UnsurTunggalDua atau lebih
EksistensiMungkin ada dan mungkin tidak ada dalam keadaan bebas.Ada dalam keadaan bebas.
KestabilanTidak stabil dengan sendirinya kecuali gas mulia.Stabil dengan sendirinya.
BentukBulatSegitiga, segiempat, linier, dan bersiku.
PembagianTidak dapat dibagi.Dapat dibagi menjadi atom individu.
IkatanIkatan nuklirIkatan kovalen
ReaktivitasAtom sangat reaktif namun tergantung pada pengecualian tertentu.Molekul relatif kurang reaktif, karena molekul tidak berperan dalam reaksi kimia.
VisibilitasTidak dapat terlihat dengan mata telanjang ataupun pembesar mikroskop.Tidak dapat terlihat dengan mata telanjang namun dapat dilihat dengan pembesar mikroskop.
ContohLi, O, N, H, He, dan yang lainnya.H2O, CO2, CH4, NO2, dan yang lainnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai atom dan molekul beserta perbedaan dan contoh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Author

Write A Comment