SMK adalah jenjang pendidikan lanjutan setelah Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sebenarnya, setelah lulus SMP siswa memiliki 2 opsi yaitu masuk SMK ataupun masuk SMA. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Di SMK, ada program unggulan untuk meningkatkan skill kompetensi keahlian. Program ini mungkin ada di SMA juga. Namun, biasanya terdapat perbedaan yang cukup mencolok yakni program SMK lebih mengarah untuk mempersiapkan siswa agar bisa langsung bekerja setelah lulus.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa daftar program unggulan di SMK yang bisa memiliki maksud meningkatkan kompetensi keahlian siswa sesuai dengan jurusan yang diambil.

Kegiatan Unggulan di SMK

Di bawah ini akan saya paparkan beberapa program unggulan SMK beserta penjelasannya:

  1. Praktik

Di SMK, praktik adalah kegiatan yang sudah pasti ada, khususnya yang berhubungan dengan kompetensi keahlian. Biasanya, setiap jurusan sudah mempersiapkan tempat praktik yang sesuai standar untuk mendukung kegiatan praktik siswa.

Umumnya, praktik dilaksanakan setelah siswa mendapatkan teori dari pengajar. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak bingung ketika dihadapkan dengan media praktik. Dalam seminggu, siswa akan melaksanakan praktik beberapa kali, kalau pengalaman saya waktu masih sekolah adalah 2x praktik dalam seminggu.

Kegiatan ini sebisa mungkin dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh siswa. Pasalnya, praktik memiliki peranan penting untuk mengupgrade skill kompetensi. Sangat rugi kalau sampai siswa tidak niat atau malas-malasan saat praktik.

  1. Kunjungan Industri

Kunjungan industri adalah program pembelajaran SMK yang dilakukan di luar sekolah. Biasanya, kegiatan ini dilakukan di perusahaan yang berkaitan dengan jurusan yang diambil siswa. Kalau saya pribadi, dulu melaksanakan kunjungan industi di beberapa tempat, salah satunya di BOC (Bali Orange Communications).

BOC adalah perusahaan di bidang web design, web hosting, dan domain name yang juga sebagai salah satu brand di bawah badan usaha CV. Bali Orange Communications. Perusahaan ini berdiri pada 25 Agustus 2003 dan masih berjalan sampai saat ini.

Jadi, di tempat kunjungan industri, siswa akan mendapatkan berbagai macam informasi terkait perusahaan tersebut. Kita ambil contoh di BOC tadi. Di BOC, siswa akan dijelaskan mengenai apa itu web hosting, domain name, dan website. Selain itu, siswa juga mendapatkan ilmu mengenai bagaimana cara memulai bisnis secara online.

Dalam kunjungan industri ini, diharapkan siswa benar-benar mengikuti kegiatan dengan seksama. Minimal, siswa membawa pulang ilmu yang dijelaskan oleh perusahaan tersebut. Soalnya sayang juga kalau tidak dapat ilmu, terlebih kegiatan ini juga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

  1. Prakerin

Prakerin adalah sebuah program unggulan siswa yang dimaksudkan untuk mempersiapkan lulusan SMK agar langsung siap bekerja. Biasanya, prakerin dilaksanakan saat kelas XI selama beberapa bulan. Kalau pengalaman saya pribadi, kegiatan prakerin dilaksanakan selama 3 bulan.

Sebenarnya, jika diperhatikan dari poin pertama, akan sangat runtut ketika diurutkan. Dimulai dari praktik di sekolah, kemudian melaksanakan kegiatan kunjungan industri untuk mengetahui kegiatan di perusahaan lebih lanjut, dan diakhiri dengan prakerin yaitu untuk mempraktikkan semua yang sudah didapat selama pembelajaran.

Dalam kegiatan prakerin ini, siswa akan melaksanakan kegiatan layaknya seorang pekerja yang sebenarnya. Jika siswa prakerin di salah satu perusahaan di bidang jaringan, maka siswa tersebut juga akan belajar terkait hal tersebut dan mempraktikkan yang diajarkan seperti pekerja lainnya.

Setelah kegiatan prakerin selesai, ada beberapa tugas penting lain yang wajib dikerjakan yaitu membuat laporan serta melaksanakan presentasi. Bagi yang sekiranya membutuhkan contoh laporan tersebut, bisa membaca referensi artikel contoh laporan prakerin ini.

Sebaiknya, siswa mulai menyusun laporan prakerin saat kegiatan dilaksanakan. Jadi siswa tidak akan tergesa-gesa karena masih memiliki spare waktu untuk mengerjakannya. Selain itu, siswa juga bisa melakukan pengecekan sampai benar-benar lepas dari kesalahan agar saat dikumpulkan nanti tidak perlu revisi.

Nah, itulah beberapa program unggulan SMK yang bisa digunakan untuk mengupgrade skill kompetensi. Kesimpulannya, silahkan ikuti kegiatan-kegiatan di atas dengan sungguh-sungguh. Sebab, hal ini akan sangat berpengaruh ketika mencari pekerjaan nanti.

Saat mencari pekerjaan, mungkin akan ditanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan saat sekolah. Nah, dengan mengikuti kegiatan ini dengan benar, seharusnya kita tahu harus menjawab apa.

Demikianlah artikel yang bisa saya sampaikan terkait program unggulan SMK. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Author

Write A Comment