Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan simbiosis? Simbiosis adalah semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat antara 2 organisme yang berbeda. Ada 3 jenis simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme.

Nah pada artikel kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai simbiosis komensalisme. Seperti apa sih simbiosis komensalisme itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme merupakan hubungan interaksi 2 jenis makhluk hidup yang memberikan keuntungan kepada salah satu pihak, namun pihak yang lain tidak dirugikan. Artinya, salah satu pihak mendapatkan keuntungan sedangkan pihak lainnya tidak terpengaruh.

Contoh simbiosis komensalisme dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti tumbuhan paku yang hidup menempel di pohon. Tumbuhan paku akan mendapatkan keuntungan berupa tempat hidup, sementara pohon yang ditumpanginya tidak terpengaruh sama sekali.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Berikut beberapa contoh simbiosis komensalisme :

1. Anggrek dengan Pohon Mangga

Contoh simbiosis komensalisme yang pertama adalah hubungan interaksi antara anggrek dengan pohon mangga. Dalam hubungan interaksi ini tumbuhan anggrek mendapat keuntungan berupa tempat hidup dan sinar matahari yang dapat membuatnya berfotosintesis. Sementara untuk pohon mangga tidak terpengaruh sama sekali dengan adanya tumbuhan anggrek tersebut.

2. Anggrek dengan Pohon Randu

Hubungan interaksi antara anggrek dengan pohon randu juga menjadi contoh simbiosis komensalisme. Hubungan interaksi ini sama seperti hubungan interaksi sebelumnya, dimana anggrek mendapatkan keuntungan berupa tempat hidup sedangkan pohon randu tidak terpengaruh oleh keberadaan tumbuhan anggrek tersebut.

3. Ikan Remora dengan Ikan Hiu

Interaksi antara ikan remora dengan ikan hiu menjadi salah satu contoh simbiosis komensalisme yang ada di laut.

Dalam interaksi ini Ikan remora diuntungkan karena mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, ikan remora juga mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu mendapatkan perlindungan dari mangsanya. Sedangkan ikan hiu tidak dirugikan maupun diuntungkan dari adanya ikan remora ini.

4. Ikan Goby dengan Bulu Babi

Contoh simbiosis komensalisme selanjutnya adalah hubungan interaksi antara ikan gobi dengan bulu babi. Ikan goby akan mendapatkan keuntungan terhindar dari serangan mangsanya karena berlindung di antara celah-celah bulu babi yang beracun. 

5. Katak dengan Pepohonan

Hubungan antara katak dengan pepohonan menjadi contoh simbiosis komensalisme yang sederhana. Katak mendapat keuntungan karena dapat berteduh di bawah daun pohon tersebut. Sementara pepohonan tersebut tidak diuntungkan maupun dirugikan.

6. Udang dengan Timun Laut

Contoh simbiosis komensalisme yang terakhir adalah hubungan interaksi antara udang dengan timun laut. Dalam interaksi ini udang akan mendekati timun laut dan hidup di atasnya untuk mendapatkan sisa makanan yang yang berada disekitar timun laut. Sementara timun laut tidak terpengaruh sama sekali dengan adanya udang tersebut.

Demikian ulasan mengenai pengertian dan contoh simbiosis komensalisme. Semoga bermanfaat. 🙂

Author

Write A Comment