Dalam rencana membangun rumah, memilih jasa arsitek memang sangat dibutuhkan jasa arsitek sangat krusial dan dapat membantu pemilik rumah untuk membangun rumah impiannya.

Namun masih banyak orang masih enggan untu menggunakan jasa arsitek dalam membangun rumah, karena belum mengetahui secara jelas harga jasa arsitek yang harus dibayarkan.

Anggapan biaya mahal menjadi alasan utama seseorang enggan menggunakan jasa arsitek untu membangun rumahnya.

Padahal…

Anggapan tersebut bergantung pada desain rumah yang bisa disesuaikan dengan kesepakatan antara klien dan arsitek.

Untuk itu, mengetahui seputar harga jasa arsitek adalah hal penting, simaklah uraiannya berikut ini.

Paket Jasa Arsitek yang Biasa Ditawarkan

1) Paket Berdasarkan Luas Areal Bangunan Rumah Per Meter Persegi

Kebanyakan arsitektur biasanya memang menawarkan jasanya berupa desain gambar bangunan rumah.

Dari desain tersebut, arsitektur memberikan penawaran harga dengan beberapa metode yang dipilih, diantaranya adalah dengan hitungan per meter persegi untuk bangunan rumah.

Hitungan per meter persegi merupakan hitungan dimana seorang arsitektur mematok harga jasanya dilihat dari luas areal bangunan rumah.

Contohnya jika seorang arsitektur membuat desain rumah, setelah dilihat berdasarkan desain yang telah dibuat, ternyata luas bangunannya adalah 250 m2.

Dari luas bangunan 250 m2 tersebut, maka dihitung tarif jasa arsitek adalah besarnya luas bangunan dikali harga tarif per meter yang ditentukan arsitektur.

Harga patokan per meter yang ditentukan seorang arsitek tentu bervariasi, mulai dari Rp.100,000 sampai Rp. 200,000 per m2.

2) Paket Berdasarkan Presentase Biaya Bangunan Rumah

Ada juga arsitek yang menawarkan jasanya untuk mendesain bangunan rumah berdasarkan persentase biaya bangunan rumah klien.

Misalnya seorang arsitek membuat sebuah desain bangunan rumah dan dihitung biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 4 miliar.

Dari harga Rp. 4 miliar tersebut, maka tarif jasa seorang arsitektur adalah sebanyak 4,78% (diambil berdasarkan patokan dari Ikatan Arsitektur Indonesia) dari total biaya bangunan rumah Rp. 4 miliar.

Besaran persentasi harga jasa arsitek memang sudah ditentukan oleh organisasi Ikatan Arsitek Indonesia.

Misalnya jika menghabiskan dana membangun rumah Rp. 200 juta ke bawah, maka persentasi tarif jasa arsiteknya adalah 6,5% dari total keseluruhan biaya pembangunan rumah.

Contoh lainnya adalah untuk rumah dengan biaya pembangunan Rp. 2 miliar maka tarif  jasa arsiteknya adalah 5,52% dari total biaya pembangunan.

3) Paket All In

Seorang arsitek juga tidak hanya menawarkan jasanya dalam bentuk desain rumah. Ada pula arsitek yang menyediakan jasa untuk membangun rumah itu sendiri.

Dengan kata lain, arsitek tersebut juga sebagai kontraktor.

Tarif yang ditawarkan pun berbeda-beda, hal tersebut bergantung dari luas lahan dan bahan material yang digunakan untuk membangun rumah.

Terdapat kelebihan jika memilih paket All in. Dimana klien tidak perlu repot untuk mencari kontraktor untuk membangun rumahnya.

Jadi, dengan paket ini Anda lebih ringkas dalam merancang desain rumah, tentu urusan konsep, tema, denah rumah, eksterior, dan hingga selesai lebih praktis.


Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

Ketika hendak membangun rumah, memilih untuk menggunakan jasa arsitek tentu saja layak untuk dijadikan pertimbangan.

Dengan menggunakan jasa arsitek, ada beberapa keuntungan dan manfaat yang akan Anda peroleh antara lain :

  • Menggunakan jasa arsitek akan membantu Anda mewujudkan desain rumah yang diinginkan, karena desain rumah dibuat oleh ahlinya dan professional.
  • Menggunakan jasa arsitek justru membuat Anda lebih hemat dalam membangun rumah, karena adanya Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat seorang arsitek. Adanya RAB sangat bermanfaat agar Anda terhindar dari pembengkakan anggaran pembangunan rumah.
  • Menggunakan jasa arsitek akan mewujudkan struktur rumah yang baik. Sehingga Anda dan keluarga akan terlindungi dari bahaya yang ditimbulkan dari kesalahan struktur bangunan misalnya roboh dan tidak tahan lama

Tips Mencari Arsitek

Sebelum Anda menggunakan jasa arsitek ketika hendak membangun rumah, Anda harus mencari tahu lebih dulu seperti apa arsitek yang akan menangani desain pembangunan rumah Anda.

Simaklah tips yang bisa Anda ikuti berikut ini:

  • Melihat portofolio dari arsitek, jika portofolio yang dihasilkan bagus dan terpercaya, tentu tak ada salahnya untuk Anda menggunakan jasa arsitek tersebut.
  • Melihat portofolio arsitek saja tidak cukup, Anda juga bisa melihat langsung project yang pernah dibuat oleh si arsitektur, jika bentuk asli projectnya sesuai dengan desain yang dipresentasikan maka ada baiknya Anda mennggunakan jasa arsitektur tersebut.
  • Jangan terkecoh dengn harga murah yang ditawarkan sang arsitek, karena belum tentu harga yang ditawarkan sesuai dengan hasil pekerjaan yang sang arsitek.

Semoga ulasan sederhana perihal jasa arsitek di atas dapat membantu Anda dalam merencaanakan membangun hunian, ya.

Sampai jumpa di postingan lainnya!

Author

Write A Comment