Kegiatan traveling memang sedang digemari oleh siapapun apalagi di zaman media sosial yang semakin cepat dan praktis.

Biasanya mereka berlomba-lomba untuk mengunggah foto liburan, baik berupa destinasi wisata yang dikunjungi, kulinernya, fashion atau ‘ootd’ yang digunakan, dan lain sebagainya.

Bahkan tidak sedikit yang mengabadikan perjalanan mereka dalam sebuah website atau blog.

Selain menceritakan keseruan kisah unik dan menarik selama perjalanan. Hal tersebut juga bertujuan untuk berbagi inspirasi, tips, dan trik saat berwisata terutama menyangkut informasi tentang promo tiket maupun hotel.

Apalagi jika mereka rutin melakukannya, bisa-bisa mereka malah menekuni profesi di bidang traveling sebagai seorang travel blogger.
Profesi ini memang sedang naik daun, sebab siapa lagi yang tidak mau berlibur sekaligus dibayar. Bahkan akan lebih mantap lagi jika bisa menggandeng sponsor dari brand ternama atau tourism board.

Hal tersebut ternyata telah dilakukan oleh beberapa travel blogger ternama Indonesia yang sukses menjalankan profesinya dari traveling. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Marischka Prudence

Perempuan yang akrab disapa Pue ini telah menekuni profesi sebagai travel blogger sejak tahun 2012. Mantan jurnalis sebuah stasiun televisi swasta ini biasa berbagi kisah perjalanan dan berbagai foto dokumentasinya.

Cerita petualangannya dapat kalian temukan dalam sebuah blog-nya yaitu “Life is an Absurd Journey”. Selain itu kini ia juga menjabat sebagai seorang Managing Editor pada sebuah majalah traveling, dan kerap berkontribusi dalam pembahasan topik yang menyagkut dunia traveling.

2. Alexander Thian

Terkenal dengan nama online @aMrazing pria ini awalnya adalah seorang pemilik counter handphone di sebuah pusat perbelanjaan.

Meskipun tidak mengenyam pendidikan di bangku kuliah, namun karya travel blog-nya tidak bisa dianggap remah. Sebab justru dirinya memiliki gaya bercerita yang khas, yaitu lugas namun tetap gaul.

Selain itu yang membedakan Lexy dengan travel blogger lainnya adalah, selalu dituliskannya suka dan duka selama mencapai destinasi wisata yang ditujunya.

3. Bayu Rahadian (berwisata.org)

Bayu Rahadian ini merupakan new comer atau pendatang baru dalam dunia travel blog di Indonesia. Meskipun begitu, ia telah banyak mengulas tempat-tempat wisata di Indonesia dari sabang sampai merauke.

Karena kecintaannya terhadap dunia wisata di Indonesia, ia bercita-cita ingin membantu banyak orang dalam memberikan informasi seputar tempat wisata di Indonesia.

Dalam blognya berwisata.org, Bayu telah memiliki banyak artikel yang hampir menjangkau seluruh tempat wisata di Indonesia. Blog ini dapat dibilang cukup lengkap sehingga sangat cocok buat kamu yang lagi ingin berwisata atau liburan tapi bingung untuk menentukan destinasi wisata.

4. Windy Ariestanty

Mengwali penulisan di blog sejak tahun 2005 Windy merupakan salah satu travel blogger ternama di Indonesia. Bahkan dia telah berhasil menerbitkan beberapa judul buku bertema traveling yang berkisan tentang perjalanannya.

Seperti “Life Traveler’, ‘Studying Abroad”, serta sebuah buku trilogi ‘The Journeys”. Sellain menggeluti penulisan wisata, mantan Editor-In-Chief penerbit Gagas Media Group ini juga aktif berbagi tentang ilmu penulisan. Salah satunya yaitu melalui platform “iwashere’.

5. Trinity

Salah satu pionir dan legenda dalam dunia travel blogging di Indonesia adalah Trinity. Memulai karier nya di tahun 2005, kini salah satu buku karangannya bahkan telah diangkat menjadi film layar lebar.

Wanita asal Sukabumi ini memang mempunyai gaya bahasa yang ringan serta lucu. Beberapa buku telah ia terbitkan, hingga 13 buku bestseller.

Antara lain yaitu 7 buku “The naked Traveler”, “Duo Hippo Dinamis:Tersesat di Byzantium”, “TraveLove”, dan “The Jourbeys” yang ditulis bersama beberapa penulis lainnya.

6. Agustinus Wibowo

Biasa dipanggil Gus Weng, travel blogger yang satu ini terkenal dengan destinasi wisata yang menantang.

Pria ini memang sering mengunjungi daerah yang berbahasa atau kurang aman, seperti negara konflik di Turmenistan, Kazakhstan, Tajikstan, dan Afghanistan.

Selain berbagi kisah destinasi wisata unik dan eksotis khas Asia Selatan, Gus Weng juga senantiasa menyempilkan cerita tentang intrik politik serta kultur daerah yang dikunjungi. Gaya bahasa yang digunakan pun cukup seru dan mudah ditangkap.

Author

Write A Comment