Cerita pendek atau yang sering disebut dengan cerpen adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan suatu kisah yang dialami oleh suatu tokoh secara ringkas. Kisah ini disertai dengan berbagai konflik dan terdapat penyelesaian dari masalah yang dihadapi.

Cerpen hanya fokus pada satu tokoh, satu kejadian atau satu permasalahan saja. Banyaknya kata yang terkandung dalam cerpen yaitu kurang dari 10.000 kata. Di dalam cerpen terdapat puncak masalah sekaligus penyelesaiannya. Cerpen cenderung singkat, padat dan langsung mengarah pada tujuan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara ringkas mengenai unsur intrinsik cerpen. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Unsur Intrinsik Cerpen

Berikut 8 unsur intrinsik cerpen yang kami kutip dari bahassemua.com :

1. Tema

Tema adalah pokok, inti atau gagasan utama yang menjadi dasar dari jalannya cerita pendek.

2. Tokoh

Tokoh merupakan pelaku yang ada dalam sebuah cerita. Tokoh terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Tokoh utama, tokoh ini melakukan interaksi secara langsung atau yang secara langsung terlibat dalam konflik di dalam cerita.
  • Tokoh tambahan/pembantu, tokoh ini memiliki tugas membantu peran dari tokoh utama. Umumnya tokoh pembantu menjadi teman, keluarga atau sahabat dari tokoh utama.

3. Penokohan

Banyak yang menganggap bahwa penokohan sama seperti tokoh, namun sebenarnya berbeda. Tokoh merupakan pelaku, sedangkan penokohan adalah watak dari pelaku tersebut. Ada 2 metode penokohan, yaitu :

  • Metode Analitik, adalah menggambarkan sifat tokoh yang ada dalam cerita secara langsung. Contohnya penakut, pemberani, pemalu.
  • Metode Dramatik, adalah menggambarkan sifat tokoh secara tidak langsung dengan menggambarkan fisik, percakapan atau yang lainnya.

4. Latar

Latar dalam cerpen dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Latar tempat. Latar ini menjelaskan dimana peristiwa dalam cerpen terjadi.
  • Latar waktu. Latar ini menjelaskan kapan peristiwa dalam cerpen terjadi.
  • Latar suasana. Latar ini menjelaskan gambaran suasana di dalam cerpen.

5. Alur atau Plot

Alur atau plot merupakan rangkaian kronologi peristiwa yang ada di dalam cerpen. Alur atau plot dibedakan menjadi 3, yaitu :

  • Alur maju, yaitu alur yang menceritakan jalannya cerita yang dimulai dari awal sampai akhir.
  • Alur mundur, yaitu alur yang menceritakan jalannya cerita yang dimulai dari akhir ke awal cerita.
  • Alur campuran, adalah alur gabungan antara alur maju dan alur mundur.

6. Sudut Pandang

Sudut pandang merupakan pandangan pengarang terhadap cerpen tersebut. Pengarang bisa menjadi orang pertama atau orang ketiga.

  • Sudut pandang orang pertama yaitu pengarang terlibat langsung dalam cerpen. Sudut pandang orang pertama ditandai dengan penggunaan kata ganti orang saya, aku, dan sebagainya.
  • Sudut pandang orang ketiga yaitu pengarang tidak terlibat langsung dalam cerpen. Sudut pandang ini ditandai dengan penggunaan kata ganti orang mereka, dia, ia, dan sebagainya. Sudut pandang ini terbagi menjadi 2, yaitu orang ketiga terarah dan orang ketiga serbatahu.

7. Amanat

Amanat adalah pesan moral yang disampaikan penulis untuk pembaca melalui cerpen tersebut.

8. Gaya Bahasa

Unsur intrinsik cerpen yang terakhir yaitu gaya bahasa. Gaya bahasa mempunyai fungsi untuk memberikan kesan yang lebih menarik kepada pembaca dengan menggunakan majas.

Itulah 8 unsur intrinsik cerpen. Semoga bermanfaat

Author

Write A Comment