Apakah kamu pernah menemukan makanan yang namanya disandingkan dengan kata umpatan? Di Surabaya kamu bisa menemukan beberapa kuliner dengan nama-nama umpatan, dan banyak nama kuliner yang unik di Surabaya.

Wisata Kuliner Enak dan Murah di Surabaya

Wisata Kuliner di Surabaya

Dari sekian banyaknya kuliner unik di Surabaya, berikut ini adalah lima kuliner unik di Surabaya yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang akan berkunjung ke Surabaya.

Nama nama kuliner di Surabaya punya nama yang nyeleneh, Kamu bisa menemukan kuliner unik ini di bilangan pusat Kota Surabaya. Berikut ini adalah beberapa Wisata Kuliner Unik di Surabaya.

Rawon Setan

Rawon Setan adalah salah satu kuliner yang unik di Surabaya dan merupakan kuliner paling legendaris. Walaupun kini sudah sering ditemui di kota-kota lain, tapi Rawon Setan Surabaya adalah asal muasalnya kuliner unik ini.

Konon kuliner yang satu ini sudah ada sejak jaman revolusi sekitar tahun 1950an, waktu itu rawon setan hanya buka mulai jam 22.00-04.00 WIB. Kebanyakan pelanggan yang menikmati rawon setan ini adalah dari kalangan dunia malam, baik pegawai atau pengunjung diskotik yang sedang mencari makanan di tengah malam. Kemudian sejak tahun 2008 Rawon Setan sudah mempunyai gerai sendiri yang berada di kawan Embong Malang tepatnya diseberang Hotel J.W Marriot Surabaya.

Bebek Mercon

Kuliner satu ini diberi nama Bebek Mercon karena punya rasa pedas yang bisa meledak di mulut. Pedasnya sangat meledak mulai dari gigitan pertama. Bebek goreng yang renyah, disajikan bersama nasi putih hangat dan dilengkapi dengan sedikit kuah jeroan. Kamu bisa memilih level pedasnya, mulai dari yang pedas sampai ke level yang super pedas. Gerai pertama Bebek Mercon ini lokasinya di kawasan Kayoon Surabaya, dan sampai saat ini sudah ada beberapa cabang di kota-kota lain.

Sate Klopo

Pada awalnya sate ini namanya Sate Laler, nah karena terlalu jorok kemudian namanya diganti menjadi Sate Klopo. Khusus untuk kuliner yang satu ini, sangat banyak para wisatawan yang mencari Sate Klopo karena sate ini memang sangat jarang ditemui di kota lain.

Sate Klopo yang legendaris adalah Sate Klopo Ondomohen yang lokasinya di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya. Sate Klopo Ondomohen dibuat dengan bahan dasar daging sapi dan ayam yang kemudian dilumurkan parutan kelapa setelah itu dibakar. Ketika dibakar, aroma kelapa tercium harum dengan bumbu-bumbunya yang juga meresap bersamaan.

Nasi Goreng Jancuk

Jancuk adalah salah satu kata umpatan yang paling sering digunakan arek-arek Suroboyo. Mulut rasanya belum puas sebelum ‘misuh’ Jancuk, sama seperti dengan Nasi Goreng Jancuk, kalau belum merasakannya pasti belum puas.

Nasi goreng Jancuk untuk yang porsi jumbo bisa untuk 3-4 orang punya kualitas pedas yang sangat luar biasa, ada dua level yang ditawarkan yaitu level Jancuk dan Ekstra Jancuk. Cabai dan lada hitam yang diolah dan mendominasi di nasi goreng ini salah satu kuliner unik di Surabaya. Lokasinya berada di Surabaya Plaza Hotel, Jalan Pemuda 31-37 Surabaya.

Mie Jemblung

Terakhir kuliner unik di Surabaya yaitu Mie Jemblung. Lokasinya masih satu tempat dengan Nasi Goreng Jancuk, di Surabaya Plaza Hotel. Jemblung artinya perut gendut atau overload. Sama seperti Nasi Goreng Jancuk dengan porsinya yang jumbo, tapi mie ini tidak ada level pedas tapi hanya level untuk isinya saja.

Mie Jemblung kuliner unik di Surabaya ini disajikan dengan bakmi beserta sayuran dan ayam cha siu. Harga Mie Jemblung biasa porsinya cukup banyak dan harganya Rp 130 ribu, sedangkan Bukan Mie Jemblung porsinya lebih sedikit dan harganya Rp 110 ribu, selisih Rp 20 ribu saja dari Mie Jemblung biasa.

Nah itu adalah list wisata kuliner di Surabaya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke kota ini. Semoga dapat melengkapi referensi kamu saat menikmati liburan di kota Surabaya ini. Selamat berlibur!

Author

Write A Comment